Otomotif

Intip Lagi Spesifikasi Mobil Dinas Presiden yang dimaksud Bikin Jokowi Jalan Kaki Karena Ban Bocor

Kertasleces.co.id – Mobil dinas Presiden Jokowi banyak menjadi perbincangan di tempat sosial media sebab diduga mengalami ban bocor ketika berada dalam melakukan kunjungan kerja pada Grobogan, Jawa Tengah.

Saat ini, Jokowi diketahui menggunakan mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard. Namun seperti apa spesifikasi mobil dinas Presiden yang tersebut diduga mengalami ban bocor tersebut.

Mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard yang tersebut digunakan oleh Presiden Jokowi diketahui mempunyai sertifikat pengamanan VR10, yang dimaksud merupakan sertifikasi tertinggi untuk kendaraan sipil pada hal perlindungan. 

Mobil ini juga mendapatkan sertifikasi Explosive Resistant Vehicle (ERV) 2010, menunjukkan bahwa kendaraan ini dirancang untuk tahan terhadap ledakan.

Mobil Dinas Presiden Jokowi melintas di tempat Jalan Lingkar Brebes-Tegal di tempat Jembatan Kaligangsa, Wilayah Brebes, Jawa Tengah, Rabu (13/4/2022). [Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden]
Mobil Dinas Presiden Jokowi. [Muchlis Jr – Biro Pers Sekretariat Presiden]

Mengenai performa, Mercedes-Benz S600 Guard dilengkapi dengan mesin bensin V12 berkapasitas 6000 cc yang tersebut mampu menghasilkan kembali daya sebesar 530 tenaga kuda, dengan torsi mesin mencapai 830 Nm.

Dengan kombinasi transmisi otomatis 7G-Tronic, mobil ini mampu mencapai kecepatan maksimum hingga 210 km/jam. Ini adalah menjadikan Mercedes-Benz S600 Guard memiliki kemampuan untuk berakselerasi ketika dibutuhkan.

Mercedes-Benz S600 Guard juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Salah satunya adalah proteksi anti peluru untuk penumpang yang duduk di dalam jok belakang, bahkan mampu melindungi dari serangan senjata mesin M60.

Perlindungan anti peluru ini dicapai dengan menggunakan kaca yang lebih lanjut tebal daripada kaca mobil standar. Bahkan, kaca pada Mercedes-Benz S600 Guard begitu berat sehingga memerlukan alat hidrolik untuk membuka dan juga menutupnya.

Tidak hanya sekali itu, bagian bawah mobil Presiden Jokowi dilapisi dengan pelat khusus yang mampu menahan alat peledak yang digunakan mungkin saja diletakkan dalam bawah mobil.

Pada bagian bawah, mobil ini juga menggunakan ban dengan teknologi anti kempes (Run Flat Tyre) dari Michelin. Dengan teknologi ini, mobil masih dapat bergerak hingga jarak 30 km meskipun tekanan ban mencapai 0.

Sementara fasilitas keselamatan yang dimaksud tersemat pada mobil ini diantaranya kemudi Distronic Plus with Stop&Go, Active Blind Spot Assist, Active Lane Keeping Assist, serta BAS Plus Brake.

Fitur lainnya termasuk Pre-Safe Brake yang dimaksud dapat mendeteksi rem parkir elektronik dan juga pejalan kaki. Fitur Night View Assist Plus juga membantu pengemudi mengawasi objek dalam luar kendaraan pada kondisi gelap.

Tidak ketinggalan, mobil ini juga dilengkapi dengan sistem udara khusus yang tersebut menegaskan ketersediaan oksigen pada di mobil bahkan apabila ada gas berbahaya di dalam sekitarnya. Dengan segala layanan keamanan canggih ini, Mercedes-Benz S600 Guard dihargai sekitar Rp7,3 miliar.

Mobil Dinas Jokowi Alami Bocor Ban

Mobil Kepresidenan yang digunakan ditunggangi Presiden Jokowi diduga mengalami ban bocor pada jalan. Orang nomor 1 RI yang dimaksud memilih untuk jalan kaki. 

Hal ini lantas menghasilkan Paspampres yang dimaksud mengawali terlihat sibuk melakukan pengamanan. Sedangkan sebagian terlihat sibuk untuk segera melakukan perbaikan.

Peristiwa ini diabadikan pada sebuah unggahan akun Twitter 03_nakula. Dalam narasi dari pengunggah, disebutkan kalau mobil Presiden Jokowi mengalami ban bocor.

“Ban mobil RI bocor,” tulis caption dengan emote menghentikan muka.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button