Lifestyle

Isra Miraj 2024 Tanggal Berapa? Catat Jadwal Liburnya

Kertasleces.co.id – Dalam bulan Rajab yang tersebut merupakan bulan istimewa di Islam terdapat perkembangan penting yang disebut dengan Isra Miraj. Lantas Isra Miraj 2024 tanggal berapa? Jika kamu belum tahu, cek ini jadwal liburnya. 

Seperti yang dimaksud telah lama diketahui bahwa Isra Miraj merupakan insiden penting untuk umat Islam. Dalam legenda Islam, Isra Miraj merupakan kejadian di area mana Nabi Muhammad mendapatkan perintah dengan segera dari Allah Swt agar umat Nabi Muhammad melaksanakan shalat lima waktu. 

Karena insiden itu tak belaka bernilai sejarah, tetapi juga mengandung spirit islam, umat muslim pun memperingatinya setiap tahun. Peristiwa Isra Miraj sendiri jatuh pada 27 bulan Rajab. Maka, Isra Miraj 2024 tanggal berapa? Kita sanggup cek jadwalnya melalui kalender.

Peringatan Isra Miraj 2024 tanggal berapa dapat dilihat di Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri tentang Hari Libur Nasional lalu Cuti Bersama Tahun 2024. Berdasarkan kalender SKB 3 Menteri, peringatan tegas Isra Miraj jatuh pada tanggl 8 Februari. Disusul dengan cuti dengan Tahun Baru Imlek juga Libur Nasional Tahun Baru Imlek. Perayaan Isra Miraj berdekatan dengan Tahun Baru Imlek, sehingga ini jadwal liburnya. 

– Kamis,8 Februari 2024, libur nasional Isra Miraj Nabi Muhammad SAW 
– Jum’at, 9 Februari 2024, Cuti sama-sama tahun baru Imlek Kongzili.
– Sabtu, 10 Februari 2024, Libur nasional tahun baru Imlek Kongzili.

Sejarah Isra Miraj

Isra Miraj terdiri dari dua kata Isra serta Miraj yang tersebut artinya berbeda. Isra berasal dari kat sara yang digunakan artinya perjalanan malam. Sedangkan Miraj pada bahasa arab berarti kendaraan, diartikan juga alat untuk naik, atau tangga. Bentuk jamak dari Miraj adalah Ma’arij artinya tempat-tempat naik. 

Peristiwa Isra miraj terjadi selama periode akhir kenabian pada Makkah, sebelum Nabi Muhammad saw hijrah ke Madinah. Menurut mayoritas ulama, Isra Miraj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, di tempat antara tahun 620-621 masehi. 

Isra menjelaskan perjalanan Nabi Muhammad saw dari Masjidil Haram di dalam Makkah menuju Masjidil Aqsa pada Palestina. Diceritakan bahwa nabi mengendarai buraq, sosok yang digambarkan seperti kuda putih, tetapi miliki sayap, dan juga juga ekor seperti burung merak. Buraq membantu Nabi menempuh perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di waktu singkat. 

Miraj menjelaskan perjalanan nabi Muhammad saw dari Masjidil Aqsa di dalam Palestina menuju Sidratul Muntaha atau langit ke tujuh. Di langit ketujuh, Nabi Muhammad berjumpa juga mendapatkan perintah secara langsung dari Allah swt agar mengerjakan shalat lima waktu. 

Demikian itu sedikit informasi yang mana dapat dibagikan mengenai Isra Miraj 2024 tanggal berapa? Semoga bermanfaat. 

Kontributor : Mutaya Saroh

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button