Lifestyle

Isra Miraj lalu Maulid Nabi Apakah Sama? Yuk, Cari Tahu Kebenarannya!

Kertasleces.co.id – Seperti yang dimaksud telah umat Islam ketahui bahwa ada banyak kejadian penting yang dimaksud terjadi pada sejarah Islam yang mana dialami oleh Nabi Agung Muhammad SAW. Beberapa dalam antaranya yaitu kejadian Isra Miraj lalu Maulid Nabi Muhammad SAW, yang dimaksud mana insiden yang disebutkan mempunyai dua unsur dari total lima Rukun Islam.

Akan tetapi keduanya mempunyai perbedaan, perbedaan Isra Miraj lalu Maulid Nabi tentunya ada berbagai sekali jikalau dijelaskan secara terperinci. Untuk mengetahui penjelasannya lebih besar lanjut, simak ulasan ini sampai tuntas! 

Apa Perbedaan Isra Miraj juga Maulid nabi Muhammad SAW?

Isra Miraj adalah insiden penting yang mana dialami Baginda Nabi Muhammad SAW, di area mana diartikan sebagai dua perjalanan spiritual dari Masjidil Haram ke Masjid Al-Aqsa dan juga diangkatnya Rasulullah untuk bertemu secara secara langsung dengan Allah SWT. Hal yang disebutkan dijalankan sebagai bentuk memuliakan Nabi Muhammad SAW yang mana pada dasarnya telah mulia, selain itu untuk menurunkan kesedihan yang digunakan pada pada waktu itu dirasakan pemimpin para rasul Allah SWT tersebut.

Mengapa mampu demikian? telah dijelaskan bahwa perkembangan Isra Miraj terjadi di area tahun ke-10 dari kenabian Rasulullah SAW. Pada tahun yang tersebut disebut dengan Amul Huzni, terjadi juga cobaan terberat yang tersebut dirasakan Nabi Muhammad SAW, yaitu kehilangan kedua orang yang tersebut sangat dicintai-Nya, yaitu Abu Thalib lalu Khadijah binti Khuwailid. Di mana sebagai umat Nabi Muhammad SAW telah banyak mengetahui cerita mengenai sang paman, Abu Thalib, yang dimaksud tetap saja membela keponakannya untuk berdakwah.

Sedangkan Maulid Nabi adalah sebuah perayaan yang tersebut dijalankan umat Muslim untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati pada tanggal 12 Rabiul Awal pada penanggalan Hijriyah.

Pada hari itu, umat Muslim mengenang kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan kegiatan keagamaan seperti membaca sholawat Nabi, menyelenggarakan ceramah, serta memberikan sedekah untuk orang yang sedang membutuhkan.

Saat ini, peringatan tegas Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati dengan tujuan untuk mengingat kembali sejarah tentang akhlak karimah hingga hidup Nabi Muhammad sebagai uswatun hasanah (teladan yang dimaksud baik). Biasanya, momen Maulid Nabi digunakan dengan berbagai macam kegiatan. Di antaranya adalah membaca Al-Quran, ibadah, zikir, membaca sholawat Nabi, sedekah, hingga mendengarkan ceramah islami.

Jadi itulah perbedaan antara Isra Miraj lalu Maulid Nabi Muhammad SAW. Meskipun ada perbedaan dalam antara Isra Miraj dan juga Maulid Nabi, namun keduanya dimaknai sebagai perkembangan penting dari seseorang yang mana mulia, yaitu Nabi Muhammad SAW.

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button