Otomotif

Isuzu Buka Suara Terkait Rencana Relokasi Pabrik UD Trucks dari Thailand ke Indonesia

Kertasleces.co.id – President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Yusak Kristian Solaem mengungkap kata-kata terkait rencana produksi UD Trucks yang dimaksud akan dipindah dari Thailand ke Indonesia mulai awal 2024.

Menurutnya Isuzu akan mengikuti mandat dari prinsipal. Karena UD Trucks sendiri secara global memang benar sudah ada menjadi bagian dari grup Isuzu.

“UD Truck kan telah menjadi grupnya Isuzu. Jadi intinya kebijakan apapun yang diadakan oleh Isuzu sebagai pemilik keluarga besarnya ya kita ikut,” ujar Yusak Kristian Solaeman, baru-baru ini, di area Jakarta, Hari Jumat (26/1/2024).

Sementara itu, Communication Management Department Head Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), Puti Annisa Moeloek menyatakan, pihaknya belum mampu memberikan informasi lebih lanjut lanjut terkait kapan dimulainya produksi unit UD Truck di dalam prasarana pabrik Isuzu di dalam Karawang, Jawa Barat.

“Pada intinya Isuzu kerjasama dengan UD, segala perpindahan itu sebetulnya kita belum bisa saja kasih yang pasti oleh sebab itu itu pembicaraan tingkat tinggi di tempat sana,” ungkap Puti.

“Jadi emang belum turun tapi emang kerjasama dengan UD udah ada akibat dari sana ibunya (prinsipal) udah ijab kabul, di area di tempat ini pasti ijab kabul juga tapi kapannya aku belum bisa saja kasih kepastian, sebab dari sananya belum ada informasi yang mana turun ke IAMI,” sambungnya.

Sebelumnya Menteri Manufaktur Agus Gumiwang Kartasasmita telah lama membocorka rencana Isuzu akan merelokasi pabrik UD Trucks pada Thailand ke Indonesia pada pertengahan tahun lalu.

Pemindahan pabrik ini disebut termasuk penanaman modal US$2 jt atau sekitar Rp29,6 miliar.

Investasi UD Trucks itu akan digunakan mulai tahun depan untuk memproduksi tahap awal 1.600 unit. Volume produksi disebut akan meningkat saban tahun.

“Mulainya itu 2024 dengan nilai penanaman modal 2 jt dolar (Rp29,6 miliar),” kata Agus dalam Gedung Kementerian Perindustrian.

UD Trucks merupakan produsen truk yang mana sebelumnya dipegang Volvo, kemudian diambilalih Isuzu pada 2019.

Menurut Agus pembangunan ekonomi ini tiada menimbulkan Isuzu membuka lahan baru khusus UD Truck, melainkan mereka itu memanfaatkan pabrik yang dimaksud ada untuk mendirikan line produksi baru.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button