Lifestyle

Iwan Fals Bisa Beli Berlian dari Sekali Manggung, Kini Pilih Adem Ayem Netral di dalam Pilpres 2024

Kertasleces.co.id – Berbeda dari kebanyakan musisi kemudian public figure lain, Iwan Fals memilih untuk menjaga netralitasnya di dalam Pilpres 2024. Hal ini sempat ditegaskan oleh Iwan lewat akun X-nya, dalam mana dirinya mengaku tak berafiliasi dengan paslon maupun partai urusan politik manapun.

Tiga Rambu sebagai Manajemen Iwan Fals memberitahukan bahwa sampai ketika ini Iwan Fals tetap saja memegang prinsip kenetralan sehubungan dengan pesta demokrasi pemilihan raya tahun 2024. Iwan Fals tak terkait dengan partai urusan politik maupun pasangan calon (paslon) manapun,” tegas Iwan, dikutipkan pada Hari Minggu (11/2/2024).

Penegasan Iwan ini membuatnya dibanjiri pro dan juga kontra. Apalagi akibat Iwan merupakan salah satu musisi yang beberapa karyanya menyentil isu-isu urusan politik juga sosial.

Karier Panjang Iwan Fals

Iwan Fals mendatangi Polda Metro Jaya untuk menimbulkan laporan, Kamis (4/11/2021). [Yuliani/Suara.com]
Iwan Fals mendatangi Polda Metro Jaya untuk menimbulkan laporan, Kamis (4/11/2021). [Yuliani/Suara.com]

Penyanyi dengan nama asli Virgiawan Liestanto itu sudah ada bergerak berkarier di tempat dunia musik Tanah Air sejak tahun 1975. Banyak lagu ciptaannya yang memotret suasana sosial Indonesia pada periode akhir tahun 1970-an sampai tahun 1980-an, dan juga memuat beberapa sentilan untuk pemerintah yang mana berkuasa.

Bukan hanya saja substansinya, karya Iwan Fals juga sangat melegenda lantaran banyaknya genre yang tersebut dimasukkan, seperti pop, rock, country, hingga folk pop. Tak heran bila Iwan masuk pada daftar The Immortals: 25 Artis Indonesia Terbesar Sepanjang Masa versi Majalah Rolling Stone Indonesia.

Iwan Fals (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)
Iwan Fals (Wahyu Tri Laksono/Suara.com)

Dengan rekam jejak seperti itu, sangat wajar bila penampilan Iwan diganjar dengan bayaran selangit. Bahkan nyaris 10 tahun yang digunakan lalu, pelantun “Yang Terlupakan” itu mengaku bisa saja membeli 1-2 buah berlian cuma dari sekali penampilannya.

“Saya nggak tahu (honor manggung), cukuplah kalau untuk beli seberlian, dua berlian. Kalau dulu saya tahu (honor), sekarang telah nggak mengikuti lagi,” ucap Iwan di tempat kawasan Ancol, Ibukota Utara, pada Desember 2015.

Sedangkan disitir dari berbagai sumber, Iwan konon mampu meraup hingga Rp300 jt semata-mata dari satu panggung yang mana diisinya. Hal ini jelas berkaitan dengan tingginya popularitas Iwan, terbukti dari banyaknya penggemarnya, yakni Orang Indonesia (OI).

Related Articles

Back to top button