Bisnis

Jalan Tol Kuala Bingai-Tanjung Pura Dibuka Gratis Mulai Pekan Ini!

Kertasleces.co.id – Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura dengan panjang 19 kilometer akan resmi beroperasi mulai besok Awal Minggu (29/1/2024) pukul 07.00 WIB.

Kabar ini disampaikan melalui akun Instagram @pupr_bpjt oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum serta Perumahan Rakyat (PUPR). Jalan tol ini akan dibuka secara fungsional tanpa pungutan tarif alias gratis.

Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura merupakan bagian dari proyek Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) juga dikelola oleh PT Hutama Karya (Persero) atau HK sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Pengoperasian seksi ini akan menghubungkan seksi Binjai-Stabat sepanjang 12,3 km yang mana telah beroperasi, juga seksi Stabat-Kuala Bingai sepanjang 7,55 km.

Wakil Presiden Eksekutif (EVP) Sekretaris Korporasi Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, sebelumnya sudah pernah mengumumkan bahwa pengoperasian ini dilaksanakan pasca mendapatkan Sertifikat Laik Operasi (SLO) pada 27 Desember 2023.

Selain itu, Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan juga Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 15/KPTS/M/2024 juga telah dilakukan dikeluarkan untuk menetapkan pengoperasian Jalan Tol Binjai-Langsa Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura.

“Seksi tol ini sudah pernah menjalani uji coba selama Libur Nataru dengan pengoperasian fungsional mulai dari 23 Desember 2023 hingga 10 Januari 2024, dengan lebih tinggi dari 100 ribu kendaraan melintas tanpa insiden kecelakaan,” ungkap Tjahjo pada pernyataannya pada Kamis (18/1/2024).

Ia menambahkan, pihaknya telah dilakukan mempersiapkan sarana dan juga personel lapangan dengan baik. Seksi Kuala Bingai-Tanjung Pura akan dijaga oleh 62 personel, sementara total personel siaga dari Binjai hingga Kuala Bingai mencapai 162 orang, termasuk petugas operasional, derek, ambulans, serta patroli. 

Selama masa beroperasi tanpa tarif, Hutama Karya akan mengadakan sosialisasi yang mana luas tentang aturan berkendara pada jalan tol.

“Walaupun warga setempat telah cukup familiar dengan aturannya lantaran sebelumnya telah terjadi dioperasikan dua seksi, kami tetap memperlihatkan akan memberikan pemahaman tambahan tentang perbedaan aturan pada jalan tol, teristimewa terkait pemakaian kartu uang elektronik dan juga prosedur putar balik kendaraan,” tambahnya.

Meskipun belum ada tarif yang mana ditetapkan, pengguna jalan tol diharapkan untuk menggunakan kartu uang elektronik, teristimewa untuk perjalanan dari Kuala Bingai menuju Tanjung Pura, atau sebaliknya, melalui Seksi Binjai-Stabat kemudian Stabat-Kuala Bingai. Tol Binjai-Langsa seksi Binjai-Stabat tetap memperlihatkan menerapkan tarif normal akibat sudah ada lama beroperasi dengan tarif yang ditetapkan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button