Nasional

Jatah Menteri Golkar di dalam Kabinet, Airlangga: Masih Pembahasan, Tunggu Pemberitahuan

Kertasleces.co.id – JAKARTA – Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan, pihaknya masih mengantisipasi rekapitulasi penghitungan pendapat pemilihan 2024. Hal yang disebutkan dilaksanakan sebelum mengkaji mengenai jatah menteri nantinya.

“Kalau itu masih di pembahasan. Kita tunggu pengumuman besok,” kata Airlangga Hartarto dalam Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Mulai Pekan (18/3/2024).

Terkait jatah menteri untuk partai berlogo pohon beringin itu, Airlangga mengaku belum memintanya secara segera terhadap Prabowo-Gibran.

“Kita belum minta. Terima kasih,” ucap Airlangga.

Perlu diketahui, Airlangga Hartarto berharap kadernya dapat bergabung pada kabinet pemerintahan Prabowo Subianto juga Gibran Rakabuming Raka. Dirinya mengajukan permohonan setidaknya jatah lima kursi kementerian yang tersedia untuk Golkar.

“Karena kami (Golkar menang) pada 15 dari 38 (provinsi), maka kami sumbangan 25 persen. Nah, kalau 25 persen, bagi-bagi sejumlah sedikit ya bolehlah. Kalau yang digunakan kami sebut lima itu minimalis,” kata Airlangga di dalam Nusa Dua, Badung, Bali, Hari Jumat (15/3/2024).

Terpisah, cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming menanggapi permintaan Airlanggao yang tersebut meminta-minta jatah lima kursi menteri dalam kabinet mendatang.

Menurut Gibran, permintaan Airlangga persoalan jumlah total menteri bisa jadi dibicarakan. Gibran mengatakan, pihaknya pada saat ini berada dalam fokus pada hasil rekapitulasi KPU yang akan diinformasikan pada 20 Maret 2024.

“Ya nanti dibicarakan lagi, kami kan sedang fokus pada tanggal 20. Hasilnya seperti apa,” ujar Gibran ketika diwawancarai di area Balai Pusat Kota Solo, Hari Senin (18/3/2024).

Related Articles

Back to top button