Nasional

Jokowi Minta Akademi Militer Harus Mampu serta Mau Adaptasi

Kertasleces.co.id – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menekankan akademi militer harus mampu beradaptasi dengan kondisi global terkini. Hal itu disampaikan Jokowi ketika peresmian Graha Utama di tempat Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah.

Awalnya, Jokowi bicara mengenai lanskap dunia usaha dunia dan juga lanskap kebijakan pemerintah global yang tersebut sekarang bergerak dan juga berubah.

“Disrupsi melanda ke semua negara. Perubahan teknologi juga sekarang muncul dalam setiap ketika dan juga berubah-ubah begitu sangat cepatnya,” kata Jokowi pada sambutannya dalam Akmil Magelang, Jawa Tengah, Hari Senin (29/1/2024).

Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, kalangan militer, termasuk Akmil perlu melakukan adaptasi terhadap inovasi yang begitu cepat.

“Akademi militer juga sama, harus mampu lalu mau menyesuaikan beradaptasi dengan disrupsi, dengan inovasi teknologi. Oleh sebab itu, STAMP pada pembelajaran sangat diperlukan di dalam militer. Science, techology, engineering, mathematic semuanya perlu dipelajari,” tutur Jokowi.

“Karena kalau kita lihat sekarang ini yang tersebut namanya kapal tanpa awak telah sangat biasa, pesawat besar tanpa awak juga biasa, mobil tanpa awak di area mana-mana, drone yang dipersenjatai dengan face recognition dapat mengejar sasaran tepat, akurat,” sambungnya.

Sementara itu terkait peresmian Graha Utama, Jokowi mengaku senang lantaran sanggup bertemu dengan banyak tokoh.

“Hari ini saya senang mampu bertemu di area Akademi Militer Magelang pada Lembah Tidar. Hal ini kawahnya para prajurit TNI terbaik Angkatan Darat, tempat menempa mental, menempa intelektual, lalu menempa ketangguhan,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, konstruksi Graha Utama seluar 8.068 meter per segi akan sangat memberikan dorongan untuk belajar tambahan baik.

“Karena sarana kemudian prasarana institusi belajar di tempat Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih lalu semakin modern serta graha utama ini bisa jadi dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan juga acara-acara militer,” kata Jokowi.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button