Lifestyle

Kapan Hari Jumat Terakhir Periode Rajab 2024? Cek Tanggal, Amalan lalu Keistimewaannya

Kertasleces.co.id – Bulan Rajab adalah satu dari empat bulan haram atau bulan yang digunakan dimuliakan oleh Allah SWT juga mempunyai sejumlah sekali keistimewaan. Oleh sebab itu, umat muslim sangat dianjurkan untuk meningkatkan ibadah juga melaksanakan beberapa amalan teristimewa di tempat waktu malam Hari Jumat terakhir bulan Rajab. Lantas kapan Hari Jumat terakhir bulan Rajab 2024?  

Keistimewaan bulan Rajab sebagai salah satu bulan yang dimaksud paling mulia bersamaan dengan bulan Dzulkaidah, Dzulhijjah, serta juga Muharram juga telah terjadi disebutkan di beberapa hadits shahih. Salah satunya yaitu: 

قِيْلَ لِرَسُوْلِ اللهِ لِمَ سُمِيَ رَجَبَ؟ قَالَ: لأنَّهُ يُتَرَجَّبُ فِيهِ خَيْرٌ كَثِيرٌ لِشَعْبَانَ وَرَمَضَانَ 

Artinya: “Dikatakan untuk Rasulullah: Kenapa (bulan Rajab) dinamakan Rajab?’ Rasulullah menjawab: 

Karena sungguh banyak dalam dalamnya kebaikan untuk bulan Sya’ban lalu Ramadhan.” (Imam Abu Muhammad al-Khalal, Fadhailu Sayahri Rajab, [Lebanon, Beirut, Dar Ibnu Hazm, cetakan pertama: 1996 H/1416 H], halaman: 47). 

Nah, bagi umat Islam yang mana ingin beribadah dan juga memperbanyak amalan dalam hari terakhir pekan terakhir bulan Rajab, mari simak tentang tanggal serta keutamaannya pada bawah ini. 

Kapan Hari Jumat Terakhir Siklus Rajab 2024? 

Menurut Kalender Hijriah 2024 yang telah lama diterbitkan oleh Kemenag RI, tanggal 1 Rajab 1445 H sendiri jatuh pada hari Sabtu, 13 Januari 2024 lalu. Sementara itu, hari Hari Jumat pertama bulan Rajab bertepatan pada tanggal 18 Januari 2024. 

Itu artinya, hari terakhir pekan terakhir bulan Rajab bukan akan jatuh pada bulan Januari 2024, melainkan pada bulan berikutnya yaitu Februari. Tepatnya pada tanggal 9 Februari 2024 mendatang. Berdasarkan penanggalan kalender Hijriah, Hari Jumat terakhir bertepatan pada tanggal 28 Rajab 1445 H. 

Amalan hari terakhir pekan Terakhir Bulan Rajab 

Banyak sekali amalan penting yang dimaksud sangat dianjurkan untuk dijalankan umat Islam di dalam bulan Rajab. Di antaranya yaitu sholat sunnah, berpuasa, bersedekah, silaturahim, menyantuni anak yatim, memperbanyak membaca shalawat, mengamalkn bacaan istighfar, membaca dzikir kemudian doa bulan Rajab, serta lain sebagainya. 

Beragam kebaikan dan juga ibadah yang dimaksud sangat penting dikerjakan dalam bulan Rajab sebagai wujud orang hamba memuliakan bulan Allah SWT. Sebab Rajab selama ini di dalam di Islam dikenal sebagai syahrullah (bulan Allah SWT).  

Dari beberapa amalan yang dimaksud telah lama disebutkan di area atas, terdapat satu amalan yang digunakan juga penting untuk dikerjakan individu muslim. Amalan yang dimaksud semata-mata terjadi pada satu kesempatan di tempat bulan Rajab. Yaitu amalan di tempat hari Hari Jumat terakhir bulan Rajab. Adapun amalan Hari Jumat terakhir bulan Rajab ini dipercaya sebagai bagian dari ikhtiar agar rezeki atau harta yang dimaksud dimiliki tak kunjung habis.  

Bahkan amalan ini juga telah sejumlah disebutkan oleh habaib serta kiai, misalnya Sulthanul Ulama dari Yaman, al-Mukarram al-Syekh al-Habib Salim bin Abdullah al-Syathiri. Berikut ini adalah amalannya: 

 أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ 

Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh 

Artinya, “Ahmad utusan Allah, Muhammad utusan Allah.” 

Keutamaan Amalan Hari Jumat Terakhir Bulan Rajab 

Amalan hari terakhir pekan terakhir bulan Rajab mampu dibaca ketika khatib duduk dalam antara khutbah kedua sebanyak 35 kali. Di antara beberapa keutamaannya yaitu agar di area sepanjang tahun ini uang yang tersebut kita pegang bukan segeravhabis untuk memenuhi segala keperluan sehari-hari. Adapun amalan yang dimaksud sudah ada sejumlah dicoba oleh beberapa orang kemudian terbukti berhasil.  

Al-Habib Ali bin Hasan Baharun mengutip keterangan dari gurunya, Al-Habib Zain bin Ibrahim bin Smith berikut: 

فَائِدَةٌ لِإِبْقَاءِ الدُّرَيْهِمَاتِ فِيْ جَمِيْعِ السَّنَةِ الْإِتْيَانُ بِهَذَا الذِّكْرِ خَمْس وثلاثيْن مرّة فِيْ آخِرِ جُمُعَةٍ مِنْ رَجَبَ حَالَ الْخُطْبَةِ الثَّانِيَةِ، وَهُوَ أَحْمَدُ رَسُوْلُ اللهِ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ الله، وَقَدْ جَرَّبَهُ الْكَثِيْرُ وَصَحَّ عِنْدَهُمْ 

Artinya, “Faidah. Agar uang tak kunjung habis di area sepanjang tahun (dianjurkan) membaca amalan ini sebanyak 35 kali pada akhir Hari Jumat bulan Rajab ketika khutbah kedua, yaitu ‘Ahmad Rasûlullâh Muhammad Rasûlullâh’. Amalan ini telah lama dicoba oleh sejumlah orang dan juga terbukti berhasil.” (al-Habib Ali bin Hasan Baharun, al-Fawaid al-Mukhtarah, hal. 445). 

Demikianlah informasi tentang kapan Hari Jumat terakhir bulan Rajab 2024. Jangan lupa amalkan doa dalam melawan agar berkah dalam bulan Rajab dapat kita semua rasakan. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button