Teknologi

Kecuali TikTok, Kampanye Akbar JIS Ungguli GBK di area Semua Medsos

Kertasleces.co.id – Analis media sosial sekaligus Inisiator Drone Emprit, Ismail Fahmi kembali menjabarkan tentang riset terkait Pemilihan Presiden alias Pilpres 2024. Kali ini beliau mengungkap fenomena kampanye akbar di area Ibukota International Stadium (JIS) kemudian Gelora Bung Karno pada Hari Sabtu (10/2/2024) kemarin.

JIS sendiri adalah lokasi kampanye akbar pasangan calon nomor urut 01, Anies Baswedan serta Muhaimin Iskandar. Sementara GBK adalah tempat kampanye akbar untuk paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto lalu Gibran Rakabuming Raka.

“Pada tanggal 10 Februari 2024, dalam DKI Jakarta terjadi dua kampanye akbar terakhir dari dua paslon 01 kemudian 02. Penyebutan lokasi kampanye ini, JIS untuk paslon 01 dan juga GBK untuk paslon 02, menarik untuk dibandingkan,” tulis ia pada akun Twitter atau X @ismailfahmi, dikutipkan Hari Minggu (11/2/2024).

Ismail menerangkan, sejak tanggal 7 Februari hingga hari H acara tanggal 10 Februari 2024, tren percakapan dalam Twitter tentang JIS setiap saat lebih besar tinggi dibandingkan tentang GBK. Puncak sebutan (mention) kedua lokasi itu terjadi pada 10 Februari 2024 alias hari pelaksanaan.

Selama periode 7-10 Februari 2024, JIS banyak dibahas warganet Twitter dengan jumlah agregat mention 310 ribu atau 77 persen. Sementara GBK semata-mata 93 ribu dengan 23 persen.

“Volume percakapan tentang JIS jarak jauh lebih lanjut besar dibandingkan tentang GBK. Ini adalah memperlihatkan tingginya minat netizen untuk membicarakan kedua lokasi kampanye akbar tersebut,” lanjut dia.

Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di dalam GBK. (Suara.com/Hyoga)
Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di dalam GBK. (Suara.com/Hyoga)

Begitu pula di tempat Instagram, konten perihal kampanye akbar JIS mencapai 340 mention dengan 60 persen. Sedangkan GBK 227 kali atau 40 persen.

Untuk interaksi di dalam Instagram, JIS juga unggul dengan 1,5 jt interaksi atau 72 persen. Sisanya adalah GBK dengan 598 ribu interaksi dan juga 28 persen.

Di media YouTube pun demikian, dalam mana video JIS mencapai 1.033 konten (77 persen) dengan interaksi 17.7 jt (65 persen). Sementara video mengenai kampanye akbar GBK berjumlah 312 video (23 persen) dengan interaksi 9,6 jt (35 persen).

Kampanye akbar GBK unggul di area TikTok

Berbeda dengan media sosial lain, kampanye akbar GBK justru lebih besar unggul dalam TikTok ketimbang JIS. Namun berbeda dari riset sebelumnya, metode ini dilaksanakan hanya sekali pada 10 Februari 2024.

Menurut Ismail, video kampanye akbar GBK yang mana masuk laman for you page (FYP) mencapai 75 konten dengan persentase 57 persen. Sementara video kampanye akbar JIS hanya sekali 57 konten dengan 43 persen.

“Ini menandakan juga lebih lanjut berbagai pengguna pendukung paslon 02 yang berhasil mengupload video ke TikTok pada waktu kampanye,” imbuhnya.

Sementara itu interaksi TikTok juga diungguli GBK dengan 72 jt interaksi (79 persen) ketimbang JIS dengan 20 jt interaksi (21 persen).

“Ini memperlihatkan terpencil lebih tinggi tingginya interaksi dalam TikTok melawan acara di area GBK dibandingkan dengan dalam JIS,” tandasnya.

Berikut rangkuman kampanye akbar JIS vs GBK pada media sosial menurut riset Drone Emprit:

  • Twitter atau X  
    JIS = 310 ribu mention (77 persen)
    GBK = 93 ribu mention (23 persen)
  • Instagram
    JIS = 340 mention (60 persen), 1,5 jt interaksi (72 persen)
    GBK = 227 mention (40 persen), 598K interaksi (28 persen)
  • YouTube
    JIS = 1033 video (77 persen), 17.7 jt interaksi (65 persen)
    GBK = 312 video (23 persen), 9,6 jt interaksi (35 persen)
  • TikTok
    JIS = 75 video fyp (57 persen), 20 jt interaksi (21 persen)
    GBK = 57 video fyp (43 persen), 72 jt interaksi (79 persen)

Related Articles

Back to top button