Nasional

Keluarkan Jurus Silat Andalan, Prabowo Malah Diketawain Jokowi

Kertasleces.co.id – Menteri Defense (Menhan) Prabowo Subianto kembali menarik perhatian lantaran aksinya dalam Apron Terminal Selatan Bandara Halim Perdanakusumah, DKI Jakarta (24/1/2024).

Prabowo tampak mengeluarkan jurus andalan silatnya pada hadapan awak media.

Tak berselang lama kemudian Presiden Jokowi yang mana mengawasi aksi Prabowo yang dimaksud mendemonstrasikan satu aksi tampak tertawa. Prabowo yang tersebut menyadarinya segera menunduk hormat.

Pemandangan keakraban yang dimaksud menjadi salah kejadian unik yang tersebut terjadi usai Menhan melakukan serah terima pesawat keempat C-130J Super Hercules untuk Kepala Staf Angkatan Atmosfer (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Dalam keterangannya terhadap awak media, Jokowi mengungkapkan keberadaan Pesawat Super Hercules C-130J sangat penting di operasi militer sebagai bagian dari alat utama sistem pertahanan (alutsista).

“Kami baru belaka menyaksikan penyerahan (pesawat) Super Hercules. Hal ini pesawat angkut yang digunakan telah terjadi kita instruksi beberapa tahun yang mana lalu juga penting sekali, baik untuk keperluan pertempuran maupun nonperang,” ungkap Jokowi.

Jokowi kemudian menjelaskan kapasitas dan juga daya angkut pesawat yang disebutkan di operasionalnya.

“Pesawat ini sanggup mengakut 120 prajurit dan juga sekitar 20 puluhan ton, sangat bagus untuk negara sebesar Indonesia, negara kepulauan yang dimaksud kadang-kadang airport-nya cuma mempunyai runway pendek, nah dengan pesawat ini bisa saja dilewati. Super Hercules bisa saja terbang 11 jam non-stop,” sambungnya.

Secara keseluruhan, Kementerian Defense sudah memesan lima pesawat C-130J Super Hercules buatan Lockheed Martin, Amerika Serikat (AS), di area mana tiga pesawat sebelumnya telah terjadi tiba secara bertahap pada Maret, Juni, dan juga Oktober 2023.

Pengadaan kelima pesawat angkut strategis oleh Kemhan ini meliputi suku cadang; ground support; juga kegiatan pelatihan, baik untuk penerbang maupun teknisi.

Selain penyerahan pesawat C-130J Super Hercules, pada kesempatan yang identik Prabowo juga menyerahkan secara simbolis hasil modernisasi atau refurbishment lalu suku cadang helikopter AS550 Fennec juga helikopter AS565 MBE Panther, masing-masing untuk TNI AD serta TNI AL.

Program refurbishment helikopter-helikopter milik TNI AD juga TNI AL yang dimaksud seluruhnya diadakan dalam pada negeri dengan melibatkan sektor pertahanan di negeri.

Helikopter AS550 Fennec secara simbolis diserahkan untuk KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, sementara helikopter AS565 MBE Panther untuk KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button