Bisnis

Kemenaker Buka Posko Khusus Kesulitan Pembayaran THR Karyawan, Berikut Linknya

Kertasleces.co.id – JAKARTA – Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker ) akan segera membuka Pos Komando Satuan Tindakan (Posko Satgas) yang mana khusus melayani aduan para pekerja/buruh tentang penyaluran Tabungan Hari Raya ( THR ) Lebaran 2024. Hal itu diatur pada Surat Edaran (SE) Menteri Ketenagakerjaan Nomor M/2/HK.04/III/2024 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024 Bagi Pekerja/Buruh pada Perusahaan.

Nantinya Posko THR akan segera memberikan Pelayanan Konsultasi lalu Penegakan Hukum Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024 yang tersebut bisa saja diakses melalui laman https://poskothr.kemnaker.go.id.

Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial serta Keamanan Sosial Ketenagakerjaan (PHI JSK), Indah Anggoro Putri mengatakan, posko yang disebutkan siap diresmikan oleh Menteri Ketenagakerjaan pada hari ini.”Sore ini jam 4 dilaunching (Posko THR) oleh Ibu Menaker,” ujar Indah ketika dihubungi MNC Portal, Mulai Pekan (18/3/2024).

Pada kesempatan yang dimaksud Indah juga mengimbau terhadap perusahaan untuk menjadikan Surat Edaran THR menjadi pedoman perusahaan pada membayarkan hak para pekerja. Seperti pembayaran THR paling lambat H-7 lebaran, pembayaran THR tiada boleh dicicil , hingga bukan boleh THR yang digunakan dipotong bagi setiap sektor industri.

Masalah-masalah yang disebutkan yang mana kedepannya, apabila ditemukan para pekerja, maka bisa saja segera diadukan di tempat portal Posko THR. Pada tahun lalu setidaknya ada 1.540 perusahaan yang digunakan diadukan melalui posko THR, pada akhirnya ada 1.026 perusahaan yang dimaksud melengkapi pembayaran THR terhadap karyawan pasca melalui pembinaan oleh Kemenaker.

Indah mengatakan, pihaknya siap untuk memberikan sanksi untuk perusahaan yang dimaksud tiada mematuhi aturan tersebut. Sanksi yang diberikan mulai dari teguran, hingga sanksi terhadap perusahaan. “Jadi tahun ini back to normal semua,” pungkas Indah.

Related Articles

Back to top button