Nasional

Kementerian Kelautan dan juga Perikanan Bakal Terlibat di Progam Makan Siang Gratis? Begini Kata Menteri KKP

Kertasleces.co.id – Rencana makan siang gratis yang dicanangkan oleh pasanhan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan juga Gibran Rakabuming masih menjadi perbincangan hangat. Rencana yang dimaksud direncanakan masuk ke di Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) pada 2025 mendatang.

Kekinian pemerintah akan memberdayakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk jalankan kegiatan makan siang gratis. Lantas pihak mana cuma yang mana akan juga ikut serta pada inisiatif tersebut?

Ditanya terkait apakah Kementerian Kelautan lalu Perikanan (KKP) akan terlibat pada acara itu, Menteri Kelautan serta Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengakses suara. Belum dijelaskan secara gamblang keterlibatan KKP pada acara itu.

Mengingat acara makan siang gratis yang dimaksud merupakan rencana dari pemerintah yang baru nanti. Sehingga masih berada di dalam level perencanaan. 

 “Makan siang gratis itu kan inisiatif pemerintah yang dimaksud akan datang tapi disiapkan dari sekarang, ya kita, belum lah, itu kan masih di area level perencanaan,” kata Trenggono, ditemui usai mengisi kuliah umum dalam UGM, Rabu (6/3/2024).

Diberitakan sebelumnya, pemerintah berencana memulai inisiatif makan siang gratis besutan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Setidaknya butuh kurang lebih besar Mata Uang Rupiah 253,8 triliun untuk menjalankan kegiatan tersebut.

Menteri Koordinator Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto bahkan telah mulai melakukan uji coba kegiatan makan siang gratis juga pemberian susu gratis pada Tanggerang, Banten.

Begitu juga dengan calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto. Ia bercerita telah melakukan uji coba inisiatif makan siang gratis untuk siswa. 

Hasilnya, kebanyakan siswa justru mebawa pulang lauk dari makan siang yang tersebut mereka dapat. Prabowo berujar inisiatif uji coba makan siang gratis itu dijalankan di dalam tempat Sukabumi, tepatnya di dalam Kampung Cikembang.

Sebanyak 3.000 siswa diberi makan siang setiap hari di uji coba inisiatif yang dimaksud sudah dilakukan.

“Dan kenyataan bahwa anak-anak itu makan tapi lauknya kadang dibungkus, dibawa ke rumah untuk keluarganya. Hal ini dua jam dari Ibu Kota, saya tak rela negara saya begini,” ujar Prabowo.

Melalui acara silaturahmi pada akhir pekan kemarin itu, Prabowo sekaligus menyampaikam alasannya di tempat balik acara makan siang gratis, yakni lantaran hampir 25 persen anak-anak dalam Indonesia tidaklah makan pagi.

“Memang benar kegiatan saya adalah makan siang untuk anak-anak Indonesia. Kenapa, hampir 25 persen bukan makan pagi tiap hari,” tutur Prabowo.

Related Articles

Back to top button