Otomotif

Kenalan dengan Seatbelt pada Mobil, Hal ini Fungsi dan juga Manfaatnya

Kertasleces.co.id – Seatbelt atau sabu pengaman menjadi salah satu komponen yang dimaksud pasti ditemui dalam mobil. Biasanya komponen ini ditemui dalam dekat jok mobil.

Seatbelt dirancang untuk melindungi pemobil di kecelakaan atau pengereman mendadak. Komponen ini bekerja dengan cara mengikat tubuh penumpang atau pengemudi ke kursi mereka, sehingga dapat menghindari mereka itu terlempar mengundurkan diri dari dari kendaraan atau mengempiskan risiko cedera kritis selama kecelakaan.

Penggunaan seatbelt sendiri diatur di Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas lalu Angkutan Jalan Pasal 106 ayat 6.

“Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih tinggi pada Jalan lalu penumpang yang tersebut duduk di area sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan,” tulis pasal tersebut.

Seatbelt umumnya terdiri dari beberapa orang tali yang mana terbuat dari materi yang mana kuat lalu tahan tekanan, juga dilengkapi dengan mekanisme pengikat juga penguncian.

Penggunaan seatbelt telah terjadi terbukti efektif pada mengempiskan risiko cedera parah atau fatal di kecelakaan lalu lintas.

Lalu bagaimana cara menggunakan seatbelt yang digunakan benar kemudian tepat? Berikut dilansir dari Auto2000 cara untuk menggunakan seatbelt dengan tepat.

1. Perhatikan Pemakaian Sabuk Pengaman Atas

Pemakaian safety belt kerap kali diabaikan akibat beberapa orang merasa tidak ada nyaman dengan kedudukan sabuk di dalam pundak. Beberapa orang bahkan hanya sekali memakai sabuk bagian menghadapi ketika menyeberangi petugas polisi.

Namun, penting untuk diingat bahwa cara ini tidaklah hanya saja menurunkan fungsi safety belt tetapi juga tidak ada dapat menjamin keamanan selama berkendara.

2. Perhatikan Kondisi Sabuk Bagian Bawah

Pastikan sabuk bagian bawah terpasang dengan benar kemudian melindungi area panggul Anda. Jika ukurannya tiada sesuai, Anda dapat menyesuaikan bagian kunci sabuk sehingga pengaman sabuk muat dengan baik di area tubuh Anda.

3. Pastikan Sabuk Pengaman Terkunci Secara Optimal

Untuk mendapatkan pengamanan maksimal, pastikan bahwa sabuk pengaman terkunci dengan baik. Jika tidaklah terkunci dengan baik, segera bawa kendaraan Anda ke bengkel terdekat.

4. Lepaskan Sabuk Pengaman Setelah Parkir

Pada saat-saat dalam mana pengemudi menginjak rem secara tiba-tiba, tubuh dapat mengalami goncangan.

Sabuk pengaman miliki peran penting di meminimalkan dampak goncangan tersebut, sehingga disarankan untuk melegakan sabuk pengaman belaka pada waktu mobil berada di kondisi parkir yang dimaksud aman.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button