Kesehatan

Kenapa Anak Bisa Kena Kanker? Dokter Bongkar Sebabnya

Kertasleces.co.id – Dokter spesialis anak dari Grup Staf Medis Aspek Kesehatan Anak dalam Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo Ibukota Indonesia menjelaskan tentang faktor faktor juga gejala karsinoma pada anak.

Dikutip dari ANTARA, Dr. dr. Teny Tjitra Sari, SpA(K), menjelaskan bahwa penyulut tumor ganas pada anak berbeda dengan orang dewasa.

Menurutnya, pemicu tumor ganas pada orang dewasa terkait dengan gaya hidup tiada sehat kemudian faktor lingkungan, sedangkan pada anak, karsinoma kebanyakan disebabkan oleh interaksi dari berbagai faktor.

“Genetik ada beberapa yang mana diturunkan dari orang tuanya, tapi ada juga yang dimaksud memang benar jadi besar. Ia diterima oleh anak itu, lalu mengalami mutasi, itu juga mampu berperan menjadi timbulnya kanker. Ada juga yang dimaksud kebanyakan akibat interaksi berbagai hal, ia juga bisa saja memunculkan kanker, jadi bukanlah semata-mata lantaran genetik saja,” ia kata dia.

Ilustrasi Kanker (Pexels.com/Anna Tarazevich)
Ilustrasi Kanker (Pexels.com/Anna Tarazevich)

Dr. Teny, yang tersebut juga merupakan anggota Ikatan Alumni Fakultas Medis Universitas Indonesia, menyebutkan bahwa gejala tumor ganas pada anak mampu merupakan demam yang tersebut bukan kunjung sembuh setelahnya tambahan dari dua minggu, lapisan kulit pucat, gangguan berjalan, lalu benjolan pada tubuh.

“Pada prinsipnya, kalau ada benjolan yang seharusnya tak boleh ada pada tubuh kita, kemudian anak terlihat pucat misalnya, atau mengalami pendarahan, lalu mendadak kejang, jalan sempoyongan, itu kemungkinan gejala dari kanker,” katanya.

Dia juga menyarankan agar orang tua segera mengakibatkan anak yang menunjukkan gejala-gejala seperti itu untuk memeriksakan kesehatannya ke prasarana medis terdekat guna mendapatkan penanganan yang dimaksud tepat.

“Kami sudah ada mengajarkan para tenaga kondisi tubuh di dalam puskesmas untuk mendeteksi dini gejala kanker. Hal ini untuk akhirnya membantu merujuk kalau memang benar diperlukan,” katanya.

Related Articles

Back to top button