Teknologi

Kominfo Mau Atur Kecepatan Dunia Maya Wifi, Indihome-Biznet Dilarang Jual Paket di dalam Bawah 100Mbps

Kertasleces.co.id – Menteri Komunikasi juga Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi mau mengatur kecepatan internet fixed broadband alias Wifi dalam Indonesia. Pemberi fixed broadband seperti Indihome hingga Biznet nantinya dilarang memasarkan paket dengan kecepatan internet pada bawah 100 Mbps.

Menkominfo logis kalau ketika ini internet adalah keperluan pokok. Ia mempertanyakan kenapa para penyedia fixed broadband di tempat Indonesia masih mengirimkan paket Wifi dengan kecepatan 5-10 Mbps.

“Internet ini merupakan keperluan pokok, kenapa masih mengirimkan 5 Mbps, 10 Mbps untuk fixed internet broadband? Kenapa tiada secara langsung memasarkan 100 Mbps?” tanya Budi Arie, disitir dari siaran pers Kominfo, Kamis (25/1/2024).

Oleh karenanya, Budi Arie menyatakan Kementerian Kominfo berencana menghasilkan kebijakan bagi seluruh penyedia fixed internet broadband untuk jaringan yang tertutup tak diperkenankan berjualan layanan internet di dalam bawah 100 Mbps.

“Makanya, saya akan buat kebijakan untuk mengharuskan mereka memasarkan fixed internet broadband dengan kecepatan 100 Mbps,” sambungnya lagi.

Budi Arie mengakui kalau kecepatan internet dalam Indonesia masih rendah. Di kawasan Asia Tenggara, Indonesia berada pada peringkat 9 dari 11 negara.

Berdasarkan data per Desember 2023, papar Budi, kecepatan internet mobile (seluler) Indonesia cuma mencapai 24,96 Mbps. Sedangkan untuk jaringan fix broadband semata-mata 27,87 Mbps.

“Maka kita berembuk sama-sama serta menemukan solusi konkret untuk mengatasi permasalahan ini,” ungkapnya di Rapat Sinkronisasi dengan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Internet Indonesia dan juga Penyelenggara Layanan Pertelekomunikasian Seluler di area Kantor Kementerian Kominfo, dikutipkan dari siaran pers terpisah.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button