Bisnis

Janji Kembangkan Pelaku UMK pada Indramayu, Pertamina Gelar Sosialisasi Proyek PUMK

Kertasleces.co.id – Sebagai bentuk komitmen perusahaan terhadap perkembangan para pelaku Usaha Mikro Kecil di tempat Wilayah Wilayah Indramayu, Jawa Barat, Pertamina mengadakan sosialisasi kegiatan Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) terhadap rakyat binaan yang dimaksud mendapat pinjaman modal perniagaan dari PT Pertamina (Persero).

Kegiatan sosialisasi dihadiri Area Manager Communication, Relation and CSR PT KPI RU VI Balongan Mohamad Zulkifli, Sales Brand Manager Rayon III Cirebon Aruma Pujian Nur Karim, Officer II SMEPP PT. Pertamina (Persero) Herdiyanti Dwi Lestari, dan juga puluhan mitra binaan penerima kegiatan PUMK Pertamina.

VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman menyatakan bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara, Pertamina miliki peran lalu tanggung jawab untuk melaksanakan Rencana Tanggung Jawab Sosial juga Lingkungan (TJSL) yang dimaksud dapat memberikan faedah bagi masyarakat, termasuk Usaha Mikro Kecil (UMK) demi terwujudnya konstruksi Indonesia.

“Pertamina akan terus mengupayakan pertumbuhan UMK untuk dapat naik kelas lalu berdaya saing global. Melalui program pembinaan yang digunakan diadakan Pertamina, dapat menjadi pemantik semangat untuk terus kreatif, serta berinovasi di meningkatkan kualitas kewirausahaan, agar bisa jadi beradaptasi dengan segala inovasi tren pada masyarakat,” ujar Fajriyah Usman ditulis Kamis (25/1/2024).

Senada, di sambutannya, Zulkifli menyampaikan bahwa melalui Inisiatif Pendanaan UMK Pertamina konsisten untuk membantu pemberdayaan dan juga pengembangan UMK agar menjadi tangguh dan juga mandiri sekaligus memberikan multiplier effect bagi peningkatan kesejahteraan publik lalu penyerapan tenaga kerja.

“Kami harap para penerima acara PUMK ini tetap saja semangat kemudian pantang menyerah, lakukan bisnis dibarengi dengan do’a agar perniagaan yang dimaksud dijalankan tumbuh kemudian berkah,” ungkap Zulkifli.

Dijelaskan Zulkifli, sejak tahun 2023, Pertamina bersinergi dengan BRI untuk menyalurkan bantuan pinjaman modal bisnis untuk UMK binaan. Realisasi penyaluran PUMK Sinergi Pertamina BRI dalam wilayah Indramayu hingga periode Januari 2024 adalah sebanyak 146 Mitra Binaan dengan total penyaluran sebesar Simbol Rupiah 3,398 miliar dimana serapan terbanyak adalah pada Kecamatan Haurgeulis.

Di berada dalam pesatnya persaingan, Mohamad Zulkifli juga menyampaikan harapan agar para pelaku usaha ini dapat meningkatkan skill dan juga keterampilan demi menunjang kemudian mengembangkan kegiatan perusahaan para pelaku UMK.

Kegiatan tersebut, selain sosialisasi Rencana PUMK, juga dilaksanakan sosialisasi pemanfaatan program My Pertamina disertai dengan sosialisasi pemakaian tabung LPG yang mana aman yang mana disampaikan Sales Brand Manager Rayon III Cirebon Aruma Pujian Nur Karim.

Para penerima bantuan pinjaman modal usaha kegiatan PUMK Pertamina ini sendiri berasal dari berbagai jenis usaha mikro, di area antaranya penjual kuliner, penjual sembako, peternak, kemudian sebagainya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button