Otomotif

Kuartet Pabrikan Jepun All In ke Hidrogen, Yamaha Langsung Ngetes Bikin Mesin Kapal

Kertasleces.co.id – Hidrogen adalah elemen kontroversial pada bidang transportasi. Diklaim sebagai alternatif yang dimaksud lebih besar baik dibandingkan dengan kendaraan listrik, ilmuwan sekarang sedang berjibaku untuk merancang kendaraan yang tersebut layak untuk diproduksi besar-besaran.

Dengan riset yang masih berjalan, keampuhan dari mesin jenis baru ini pun masih menjadi tanda tanya. Walau demikian, kuartet pabrikan Jepang, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan juga Honda masih yakin dengan mesin ini.

Dilansir dari Visordown, Yamaha, Honda, Kawasaki, kemudian Suzuki berkolaborasi pada proyek HySE (Hydrogen Small Mobility & Engine Technology).

Proyek ini sudah pernah mengirimkan sebuah buggy ke Reli Dakar kemudian sebuah prototipe ke konferensi Kawasaki.

Meskipun Yamaha belum menciptakan sepeda gowes motor bertenaga hidrogen, namun produsen dari Nmax lalu kawan-kawan ini juga turut dan juga mengembangkan mesin hidrogen.

Pabrikan berlogo garpu tala ini telah dilakukan mengerjakan mesin V8 yang digunakan menggerakkan Toyota Corolla di dalam event balapan Fuji 24 Hours.

Yamaha E01 skuter listrik matik [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].
Yamaha E01 skuter listrik matik [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Yamaha sudah pernah mengembangkan mesin kapal “tempel” bertenaga hidrogen untuk divisi kelautan, yang dipromosikan sebagai motor tempel bertenaga hidrogen pertama di dalam dunia untuk kapal rekreasi.

Menurut Ben Speciale, Presiden Unit Bisnis Kelautan Yamaha A.S., Yamaha berjanji untuk mencapai netralitas karbon serta telah terjadi menetapkan target untuk operasinya menjadi netral karbon pada tahun 2035 juga produknya menjadi netral karbon pada tahun 2050.

Tujuan keberlanjutan pangsa kelautan hanya sekali dapat dicapai dengan memanfaatkan berbagai solusi. Hidrogen dianggap sebagai metode yang digunakan layak untuk mencapai tujuan ini.

Penawaran ‘hijau’ Yamaha ketika ini di tempat dunia kendaraan beroda dua motor terbatas pada skuter listrik Yamaha NEO, skuter listrik E01, dan juga pedelec Booster. Selain itu, Yamaha juga sedang mengembangkan sepeda gowes motor uji coba listrik.

Pada Japan Mobility Show tahun lalu, Suzuki menampilkan versi purwarupa skuter Burgman yang tersebut bertenaga hidrogen.

Demikian pula, Kawasaki memamerkan kendaraan beroda dua motor bertenaga hidrogen di dalam salah satu konferensi akhir tahun lalu.

Meskipun bukan ada rumor tentang kendaraan beroda dua motor bertenaga hidrogen, perusahaan ini telah dilakukan menyatakan minatnya untuk menggunakan hidrogen sebagai alternatif dari sel listrik pada transisi dari unsur bakar fosil.

Related Articles

Back to top button