Lifestyle

Kuliah di tempat PTN Ternama, Biaya Pendidikan Nasywa Nathania Hamzah Anak Desy Ratnasari Capai Puluhan Juta?

Kertasleces.co.id – Nama Desy Ratnasari juga putrinya, Nasywa Nathania Hamzah, menjadi sorotan baru-baru ini. Menurut cerita Desy Ratnasari, ia dilarang sang putri hadir dalam kampusnya jikalau ada acara.

Rupanya, putrinya itu khawatir kalau sang ibu akan menjadi perhatian berbagai orang kalau datang ke kampusnya. Dan oleh sebab itu, selama ini, jikalau ada acara pada sekolah atau kampus, peluncuran Desy Ratnasari selalu diwakili oleh sang nenek.

Nasywa Nathania Hamzah sendiri ketika ini diketahui sedang menempuh lembaga pendidikan jurusan Teknik Pangan pada Institut Pertanian Bogor (IPB), salah satu perguruan tinggi negeri ternama pada Indonesia.

Dan rupanya, jurusan pilihannya merupakan salah satu yang dimaksud terbaik di tempat kampus tersebut, sehingga biayanya tidaklah murah. Bahkan, biaya masuk ke jurusan Teknik Pangan bisa jadi mencapai puluhan jt rupiah tergantung jalur masuknya.

Dikutip dari laman Admisi IPB, UKT di dalam jurusan Teknik Pangan yang digunakan masuk ke di Fakultas Teknologi Pangan adalah sebagai berikut.

  • UKT Golongan 1 yaitu sebesar Rp2.400.000
  • UKT Golongan 2 yaitu sebesar Rp4.000.000
  • UKT Golongan 3 yaitu sebesar Rp7.000.000
  • UKT Golongan 4 yaitu sebesar Rp9.000.000
  • UKT Golongan 5 yaitu sebesar Rp11.000.000

Selain itu, peserta didik juga harus membayar Biaya Pembangunan Institusi lalu Fasilitas (BPIF). Untuk jurusan Teknik Pangan, besaran BPIF yang digunakan harus dibayar adalah Rp75.000.000. Namun, bayaran ini bukan berlaku untuk siswa yang digunakan masuk melalui jalur SNBP, SNBT, Ketua Osis, kemudian PIN. Sementara peserta didik yang dimaksud masuk melalui jalur SM-IPB harus membayar BPIF.

Dengan demikian, besaran biaya UKT yang mana harus dibayar Nasywa Nathania Hamzah tergantung dengan golongannya. Untuk BPIF sendiri juga tergantung dengan jalur masuk yang mana diambil Nasywa Nathania Hamzah ketika masuk IPB.

Meski demikian, besaran biaya kuliah yang dimaksud mencapai puluhan jt rupiah itu tak jadi permasalahan untuk Desy Ratnasari. Tak hanya saja sebagai artis dan juga penyanyi yang mana sejumlah dikenal warga luas, ia juga sekarang merupakan politisi yang tersebut menjadi anggota legislatif RI FRPAN.

Tentu saja, penghasilan yang digunakan didapat Desy Ratnasari tidaklah sedikit. Berdasarkan laporan kekayaan Desy Ratnasari pada 2020, ia miliki harta hampir senilai Rp11 miliar.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button