Otomotif

Laporkan Prestasi 2023, Hankook Catat Pengembangan Penjualan

Kertasleces.co.id – Hankook Tire & Technology adalah produsen ban berperforma tinggi untuk berbagai kategori, mulai passenger car jenis Sport Utility Vehicle (SUV), 4×4 atau tunggangan off-road, mobil listrik atau Electric Vehicle (EV), truk ringan, campers, truk, bus, sampai tunggangan balap single seater Formula E.

Dikutip dari rilis resmi Hankook Tire sebagaimana diterima Suara.com, pada 2023, perusahaan ban dengan syarat Korea ini mencatatkan data kinerja tertinggi pada sejarahnya. Yaitu mengalami peningkatan pemasaran sebesar 6,5 persen serta laba operasional mencapai 88,1 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Berdasarkan hasil keuangan konsolidasi global untuk 2023, Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mengumumkan hasil transaksi jual beli tahunan sebesar KRW (Korean Won) 8.939,6 miliar lalu laba operasional sebesar KRW 1.327,9 miliar.

Data ini mencerminkan kinerja tertinggi Hankook Tire sejak awal berdiri, dengan peningkatan pemasaran sebesar 6,5 persen YoY (year-on-year) kemudian laba operasional sebesar 88,1 persen sehingga menguatkan posisinya sebagai brand global terkemuka dan juga teratas.

Kemudian, untuk kuartal keempat 2023, hasil perdagangan juga laba operasional mencapai masing-masing KRW 2.232,0 miliar lalu KRW 492,4 miliar.

Pertumbuhan kuantitatif kemudian kualitatif ini dikaitkan dengan ekspansi item bernilai tinggi dalam target pasar, termasuk kendaraan listrik EV kemudian pemasangan asli premium (OE).

Sehingga perlambatan ekonomi global yang dimaksud terjadi tak mempengaruhi kondisi perusahaan.

Dan prestasi ini tercapai berkat strategi brand premium dan juga pembangunan ekonomi proaktif secara terus-menerus di riset untuk mengantisipasi tren mobilitas masa depan, yang dimaksud semuanya dipimpin Chairman Hankook Tire, Hyunbum Cho.

Pencapaian kenaikan jualan Hankook Tire utamanya datang dari ekspansi brand “iON”. Yaitu ban eksklusif untuk kendaraan listrik atau EV pertama dalam dunia.

Kinerja kuat perusahaan juga didorong peningkatan pasokan ban untuk supercar juga brand premium global, juga peningkatan perdagangan ban mobil penumpang ukuran besar (18 inci ke atas), yang dimaksud menunjukkan diversifikasi baru pada portofolio bernilai tinggi.

Di sisi lain, meskipun terjadi penurunan biaya substansi baku seperti karet sintetis lalu carbon black juga biaya angkutan laut, upaya untuk mempertahankan nilai yang mana kompetitif telah lama berkontribusi pada peningkatan kinerja.

Hankook Tire terus memperluas penjualannya kemudian lini produknya sejak memperkenalkan iON ke pangsa global. Pada ketika yang sama, perusahaan menjadi pemasok eksklusif serta mitra resmi dari turnamen balap mobil listrik terkemuka dunia, ABB FIA Formula E World Championship.

Ban Hankook terbaru yang tersebut meluncur di area Indonesia pada Hari Jumat (3/11/2023) yaitu Ventus Prime 4 juga Dynapro HPX untuk kendaraan konvensional, dan juga Hankook iON evo untuk kendaraan listrik  [Suara.com/CNR ukirsari].
Ban Hankook terbaru yang dimaksud meluncur di dalam Indonesia pada hari terakhir pekan (3/11/2023) yaitu Ventus Prime 4 lalu Dynapro HPX untuk kendaraan konvensional, dan juga Hankook iON evo untuk kendaraan listrik. Sebagai ilustrasi produk-produk Hankook Tire [Suara.com/CNR ukirsari].

Hankook Tire telah dilakukan menjadi pemimpin lingkungan ekonomi ban mobil listrik global berkat teknologi inovatif serta keahlian khusus yang mana telah terjadi dikembangkan selama bertahun-tahun, bahkan sebelum mobil listrik menjadi umum di komersialisasi.

Sebagai pemimpin sektor global, Hankook Tire sudah meningkatkan kekuatan posisinya sebagai produsen ban premium dengan memasok sekitar 250 jenis ban mobil baru untuk sekitar 40 merek mobil global, termasuk Porsche, Mercedes-Benz, BMW, Audi, kemudian Tesla.

Hankook Tire and Technology Headquarter, Technoplex, Korea Selatan [Hankook Tire].
Hankook Tire and Technology Headquarter, Technoplex, Korea Selatan [Hankook Tire].

Selain mengejar pengembangan juga memberikan teknologi unggul sebagai inti bisnis, Hankook Tire & Technology bergerak berpartisipasi di gagasan global yang mana ramah lingkungan dan juga berazam untuk menjadikan bumi tempat yang digunakan lebih lanjut baik untuk dihuni.

Upaya itu sudah diakui pada Dow Jones Sustainability Indices World (DJSI World) pada 2011 juga pada waktu ini telah terjadi masuk di Dow Jones Sustainability Indices World (DJSI World) selama tujuh tahun terakhir sejak 2016.

Hasil Keuangan Konsolidasi 2023

2022

  • Penjualan: 8.394,2 Korean Won (KRW) atau 6.496,2 dolar Amerika Serikat (AS)
  • Laba Operasional: 705,8 KRW atau 546,2 dolar AS

2023

  • Penjualan: 8.939,6 KRW atau 6.848,1 dolar AS
  • Laba Operasional: 1.327,9 KRW atau 1.017,2 dolar AS.

(Catatan: Kurs rata-rata untuk periode tahunan yang dimaksud diberikan, diambil dari Bank Korea Exchange)

Hasil Keuangan Konsolidasi Q4 2023

Q4 2022

  • Penjualan 2.263,8 miliar KRW atau 1.665,4 dolar AS
  • Laba Operasional 212,0 KRW atau 155,9 dolar AS

Q3 2023

  • Penjualan 2.240,0 miliar KRW atau 1.784,9 dolar AS
  • Laba Operasional 393,3 KRW atau 302,3 dolar AS

Q4 2023

  • Penjualan 2.232,0 miliar KRW atau 1.689,8 dolar AS
  • Laba Operasional 492,4 KRW atau 372,7 dolar AS

Related Articles

Back to top button