Otomotif

Lebih Maksimal Bermotor Saat Hujan, Begini Persiapannya

Kertasleces.co.id – Saat musim hujan, kondisi jalan lebih besar licin, juga berpotensi menciptakan genangan air di area beberapa bagian. Inilah bagian yang dimaksud mesti diperhatikan para pengguna kendaraan beroda dua motor, sehingga lebih banyak waspada juga terus-menerus siap siaga di menghadapi cuaca yang dimaksud tiada menentu.

“Pengendara wajib melakukan pengecekan secara rutin. Ada pun proses pengecekan mencakup ban, kampas rem, lampu, dan juga komponen vital lainnya. Proses pengecekan ini menjadi kunci untuk memverifikasi komponen sepeda gowes motor beroperasi dengan baik, sehingga pengalaman berkendara nyaman dan juga optimal,” demikian disampaikan Frengky Rusli, Assistant General Manager Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), di rilis tertoreh terhadap Suara.com.

Pengendara motor nelintas pada waktu hujan lebat di tempat Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (3/3/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
Bermotor pada waktu hujan. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Alfian Winanto]

Agar kendaraan beroda dua motor mendapatkan perawatan terbaik, penting untuk melakukan perawatan berkala di tempat bengkel terpercaya atau bengkel resmi.

Selain itu, berikut adalah tips perawatan sepeda gowes motor yang mana perlu diperhatikan utamanya pada waktu musim hujan:

Periksa tekanan angin dan juga ketebalan alur ban

  • Kondisi ban yang mana baik sangat krusial di keselamatan berkendara, khususnya pada waktu musim hujan. Lakukan pemeriksaan tekanan angin untuk ban secara rutin kemudian perhatikan ketebalan alur ban.
  • Alur ban yang dimaksud telah tidaklah terlihat atau kempis sanggup menciptakan kendaraan beroda dua motor sulit dikendalikan, juga meningkatkan risiko tergelincir di dalam jalan basah.

Lampu motor mesti berfungsi secara baik

  • Pastikan lampu depan, lampu belakang, lampu pengereman, hingga lampu sein beroperasi dengan optimal.
  • Lampu yang digunakan berfungsi dengan baik meningkatkan penglihatan pengendara di tempat jalan, juga memberikan sinyal terhadap pengendara lain ketika sepeda gowes motor akan berhenti atau berbelok.

Periksa komponen pengereman

  • Periksa rem depan juga belakang secara teratur, pastikan kampas rem pada kondisi yang baik. Sistem pengereman yang optimal membantu mengempiskan jarak pengereman serta memberikan kontrol yang digunakan tambahan baik untuk pengendara.
  • Simak kendaraan beroda dua motor yang sudah ada dilengkapi layanan keselamatan canggih seperti ABS (Anti-Lock Braking System). Fungsinya mengurangi roda terkunci ketika melakukan pengereman mendadak. Dengan adanya ciri ini, kemungkinan tergelincirnya ban atau kehilangan kendali berhadapan dengan kendaraan beroda dua motor dapat diminimalkan.

Rutin ke bengkel melakukan perawatan kendaraan beroda dua motor secara berkala

  • Jaga kinerja sepeda gowes motor tetap saja optimal dengan melakukan perawatan kendaraan beroda dua motor secara rutin sesuai dengan jadwal servis yang dimaksud disarankan.
  • Pengendara sepeda gowes motor Yamaha dapat memanfaatkan program My Yamaha untuk mengetahui jadwal servis rutin, history servis, hingga prasarana dealer Yamaha terdekat.

Related Articles

Back to top button