Bisnis

LRT Jabodebek Resmi Jadi Barang Vital Nasional, Dampaknya Tidak Main-main

Kertasleces.co.id – LRT Jabodebek pada masa kini secara resmi menjadi Benda Vital Nasional (Obvitnas) di sektor perkeretaapian menyusul MRT DKI Jakarta kemudian Kereta Kilat WHOOSH yang tersebut sudah ada mendahului sebelumnya.

Keputusan ini tertuang pada Surat eputusan yang mana dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Nomor: KP-DJKA 5 Tahun 2024, tertanggal 8 Januari 2024. 

Manager Public Relations LRT Jabodebek, Mahendro Trang Bawono mengatakan, nantinya engamanan LRT Jabodebek akan diatur sesuai dengan prinsip pengamanan internal serta ketentuan yang tersebut diatur pada perundang-undangan pengamanan untuk objek vital nasional.

Menurut dia, LRT Jabodebek yang digunakan memanfaatkan teknologi kemudi otomatis membutuhkan pengamanan terhadap stasiun, bangunan kantor kemudian depo, jalur, juga sarana operasi lainnya agar dapat beroperasi dengan lancar.

“Penetapan sebagai objek vital nasional ini miliki signifikansi yang mana penting pada menjaga keamanan lalu melindungi aset Bangsa serta Negara,” ujar Mahendro pada pernyataan resminya, yang tersebut disampaikan pada Awal Minggu (29/1/2024).

Pihaknya juga menyambut dengan positif penetapan LRT Jabodebek sebagai Benda Vital Nasional. Terlebih, LRT Jabodebek telah lama melayani lebih lanjut dari 4,5 jt penumpang sejak awal resmi dioperasikan.

Dia menjelaskan bahwa sebagai moda transportasi kereta api yang dimaksud menggunakan teknologi modern, LRT Jabodebek miliki peran juga dampak yang tersebut strategis bagi penggunaannya.

Sudah diadakan sejak Otober tahun lalu, penetapan ini melalui berbagai tahapan yang mana ketat, termasuk pemeriksaan dokumen, diskusi, serta verifikasi lapangan oleh berbagai pihak terkait seperti Direktorat Keselamatan Perkeretaapian kemudian pihak kepolisian.

Selain memberikan dampak bagi penggunanya, LRT Jabodebek juga memiliki kontribusi yang mana signifikan bagi negara di berbagai aspek, termasuk ekonomi, sosial, serta budaya. Karena itu, sebagai aset penting bagi negara, keamanan pada operasinya sebagai salah satu sistem transportasi modern dalam Indonesia menjadi hal yang dimaksud sangat penting.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button