Otomotif

Marak Sopir SUV Norak: Sok-sokan Ngebut di tempat Tol, Hal ini Batas Kecepatan serta Sanksinya

Kertasleces.co.id – Anda kerap menemui oknum pengendara Fortuner, Pajero Sport atau mobil SUV lain yang digunakan kebut-kebutan di dalam tol? Tentu tak sedikit yang tersebut kesal akan hal ini.

Selain membahayakan, SUV sebetulnya salah habitat jikalau dipacu kencang di area tol, sebab mobil ini terlalu tinggi serta limbung untuk melaju kencang, atau gampangnya “rawan hilang keseimbangan”.

Belum lagi dengan kemungkinan adanya rasa kaget dari para pengendara santun yang mana tanpa peringatan dibalap secara sembrono oleh para oknum ini, yang dimaksud juga bisa jadi memicu hal yang mana tak diinginkan.

Nah untuk pelaku ugal-ugalan seperti ini, sebetulnya ada hukuman yang tersebut siap menjerat. Begini batasnya menurut Pasal 23 ayat 4 Peraturan otoritas No. 79 th. 2013 mengenai jaringan LLAJ (Lalu Lintas lalu Angkutan Jalan), kemudian hukumannya menurut Undang-Undang No. 22 Th. 2029 mengenai LLAJ (Lalu Lintas serta Angkutan Jalan) Pasal 287 ayat 5.

Ilustrasi Jalan Tol - Diskon Tarif Tol Nataru (Freepik)
Ilustrasi Jalan Tol – Diskon Tarif Tol Nataru (Freepik)

1. Batasan Kecepatan di dalam Tol

Setiap kita menginjak tol, wajib tau nih batas kecepatannya. Menurut Badan Pengurus Jalan Tol (BPJT), ada dua jenis batasan kecepatan di dalam tol, lho!

Tol Luar Kota: Maksimal 100 km/jam, minimal 60 km/jam. Itu loh, untuk jalan tol yang dimaksud menghubungkan kota-kota besar. Jadi, santai-santai aja, gak usah ngebut kayak pada sirkuit.

Tol Dalam Kota: Sama juga! Nggak boleh lewat 100 km/jam, lalu nggak boleh di tempat bawah 60 km/jam. Mau ke kantor atau pulang kampung, tetap memperlihatkan harus patuh sebanding aturannya.

2. Sanksi Pelanggaran Kecepatan dalam Tol

Nah, yang digunakan paling penting! Kalau sampai melanggar batas kecepatan, bisa-bisa kena sanksi berat. Undang-Undang Lalu Lintas juga Angkutan Jalan (LLAJ) mengatur masalah ini, lho!

Pidana Kurungan: Yup, kamu mampu masuk penjara selama 2 bulan! Serem, kan? 

Denda: Maksimal Rp500.000. Bayangin aja, duit segitu bisa jadi buat makan-makan sejenis doi.

Nah, itu dia. Sekarang udah tau kan, batasan kecepatan di tempat tol plus sanksinya?

Related Articles

Back to top button