Otomotif

Masa Depan Daya Bersih: Honda serta General Motors Bersatu di Teknologi Sel Hidrogen

Kertasleces.co.id – Era kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) terus berkembang, sumber sel pun mengalami perjalanan menarik. Termasuk temuan dari ikatan kimia yang dimaksud berpotensi menjadi tenaga mumpuni.

Seperti hadirnya Fuel Cell System Manufacturing LLC (FCSM) hasil kemitraan Honda dan juga General Motors (GM).

Dikutip dari MCN, FCSM memulai produksi sistem sel unsur bakar hidrogen di dalam prasarana produksi perniagaan patungan mereka, yang mana berlokasi pada Michigan, Amerika Serikat.

Lahan mencapai 21.336 m persegi dibangun pada 2017 menggunakan penanaman modal gabungan senilai 72,3 jt Britania Raya Poundsterling (GBP) dan juga sekarang mulai menyediakan komoditas bagi kedua produsen otomotif itu.

Kemitraan adalah upaya dengan pertama antarkedua perusahaan itu pada mencapai produksi kendaraan bertenaga hidrogen atau H2 bervolume tinggi.

Simak dek elemen penyimpan daya untuk Honda EM1 e: dalam bagian belakang motor listrik yang mana didukung elemen penyimpan daya Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:) [Suara.com/CNR ukirsari].
Honda EM1 e:  lalu dek akumulator Honda Mobile Power Pack e: (MPP e:), sebagai contoh sepeda gowes motor Honda kategori Electric Vehicle (EV) [Suara.com/CNR ukirsari].

“Investasi berkelanjutan serta komitmen kedua perusahaan memacu kesuksesan kami dalam FCSM. Janji ini sejalan dengan misi kami untuk memproduksi sistem sel komponen bakar hidrogen berkualitas tinggi, tahan lama, lalu terjangkau untuk berbagai program juga pelanggan,” jelas Suheb Haq, Presiden FCSM.

Sebagai catatan, Honda Motor Europe memulai debut prototipe sistem sel komponen bakar hidrogen generasi terbaru pada November 2023 selama acara European Hydrogen Week di dalam Brussels, Belgia.

Honda menyatakan netralitas karbon total untuk semua produksinya per 2050, termasuk seluruh jajaran sepeda gowes motor mereka, sehingga teknologi ini kemungkinan akan dipertimbangkan untuk kendaraan roda dua dalam masa depan.

Honda lalu GM sudah mengerjakan perangkat lunak sel hidrogen secara kolaboratif sejak 2013 serta sekarang berfokus terhadap cara untuk menghasilkan teknologi ini lebih lanjut murah. Termasuk menghurangi pemakaian logam mulia.

Honda e:N2 Concept [Honda Global via ANTARA]
Honda e:N2 Concept, salah satu mobil konsep Honda bertenaga listrik atau masuk EV  [Honda Global via ANTARA]

Disebutkan pula sistem sel materi bakar baru ini akan dua pertiga lebih besar hemat dibandingkan model mobil sedan Clarity Fuel Cell 2019 sebelumnya.

“Kami mengakibatkan pola pikir produksi massal dengan perhatian terhadap detail serta fokus pada kualitas, lalu sekarang kami siap memenuhi keinginan pelanggan akan perangkat lunak sel komponen bakar pada masa depan. Teknologi dan juga awal era hidrogen,” jelas
Tetsuo Suzuki, Vice President FCSM.

Related Articles

Back to top button