Otomotif

Menperin Dukung Pengembangunan Ekosistem Industri Modifikasi Otomotif

Kertasleces.co.id – Kementerian Industri terus mengupayakan aktivitas sektor modifikasi kendaraan dalam Indonesia agar dapat meningkat dan juga mengalami perkembangan dengan berbagai kreativitas sebagai hasil karya anak bangsa.

Sektor sektor modifikasi otomotif yang digunakan semakin marak ketika ini telah dilakukan memberikan nilai tambah terhadap berkembangnya lapangan usaha komponen kendaraan aftermarket di tempat pada negeri, teristimewa yang digunakan berskala sektor kecil juga menengah (IKM), bahkan membuka potensi bagi pengembangan bengkel konversi kendaraan listrik.

“Saya berharap semangat juga mimpi para modifikator di tempat Indonesia turut berperan menjadi motor pada mewujudkan visi kita di mengakselerasi perkembangan lapangan usaha otomotif berbasis modifikasi pada tanah air. Tentunya upaya ini dengan mengkolaborasikan antara kreativitas dengan pembaharuan dan juga keragaman budaya bangsa Indonesia untuk menghasilkan kembali karya-karya modifikasi yang dimaksud mampu bersaing di area turnamen internasional,” kata Menteri Manufaktur (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita pada Press Conference Pre Event “Saber Great of Indonesia” ke Osaka, Jepang, di area Jakarta, Rabu (24/1).

Modifikator Indonesia akan Unjuk ebolehan Karya Modifikasi di dalam Osaka, Jepang. (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)
Modifikator Indonesia akan Unjuk ebolehan Karya Modifikasi di area Osaka, Jepang. (Foto: Suara.com/Manuel Jeghesta)

Menperin mengemukakan, lapangan usaha otomotif berbasis modifikasi ini berkembang akibat bermula dari hobi. 

Menurutnya, modifikasi merupakan hobi yang dimaksud keren sebab mempunyai peluang kegiatan ekonomi yang mana cukup tinggi. Oleh sebab itu, bisa jadi didorong untuk menjadi sebuah bidang tersendiri. 

“Untuk sektor ini juga perlu adanya pengembangan ekosistem, khususnya yang dimaksud berbasis inovasi,” ungkapnya.

Agus menegaskan, pihaknya sangat memberikan apresiasi terhadap National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) yang secara konsisten bergerak mengembangkan lapangan usaha otomotif berbasis modifikasi dengan menyelenggarakan pameran pada tanah air maupun berpartisipasi di tempat event tingkat internasional. 

“Kami juga bangga terhadap pelaku sektor modifikasi atau modifikator berhadapan dengan dedikasi lalu kontribusinya yang digunakan menjadikan dunia modifikasi begitu menarik juga berprogres dengan pesat,” tuturnya.

Selain itu, Menperin juga memberikan tantangan terhadap para modifikator untuk menyokong terciptanya kendaraan yang mana rendah emisi. Hal ini sebagai wujud nyata di mengakselerasi penurunan emisi gas rumah kaca.

Founder NMAA Andre Mulyadi menyatakan, IMX akan memasuki fase baru di sejarahnya dengan menghadirkan serie pertamanya pada Osaka Auto Messe. Serie pertama akan dibuka dengan mengusung tema “Saber Great of Indonesia”. Kegiatan ini menjadi turnamen pemanasan jelang event besar IMX 2024 “Road to The World” yang tersebut akan dilakukan pada 4-6 Oktober pada ICE, BSD.

“Kami secara simultan terus memacu lapangan usaha otomotif khususnya modifikasi nasional. Serie pertama IMX 2024 dalam Osaka Auto Messe nanti diharapkan tidaklah semata-mata menggalakkan produk-produk terbaik lokal semakin maju, tetapi mampu menyokong berbagai produk-produk lokal modifikasi baru hadir juga terinspirasi dengan aksi kreatif yang tersebut dibawa Saber Great of Indonesia ini,” terangnya.

NMAA akan menghadirkan puluhan barang berkualitas untuk diperkenalkan ke dunia internasional melalui Osaka Auto Messe. Produk-produk yang disebutkan di dalam antaranya WetShine Car Care untuk perawatan otomotif terdiri dari spray wax. Berikutnya, Turbo Bastard Wheel, hasil velg lokal milik Gofar Hilman ini juga akan berkolaborasi dengan Free Flow untuk menghadirkan edisi eksklusif kemudian terbatas dalam Osaka nanti. 

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button