Bisnis

Menteri Pertanian: Panen Jagung Food Estate Gunung Mas 6,5 Ton per Hektar

Kertasleces.co.id – Panen jagung food estate Gunung Mas, Kalimantan Tengah diklaim sudah ada dilaksanakan. Hal ini disampaikan Kementerian Pertanian usai pasangan nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menegaskan hal yang tersebut mirip pada food estate Gunung Mas, walaupun awalnya diproyeksikan untuk penyetoran singkong.

Menurut Menteri Pertanian Amran Sulaiman, foodestate dalam Gunung Mas cukup berhasil menerapkan teknologi yang diharapkan.

Dengan luas mencapai 10 hektare, panen jagung di dalam lokasi itu rata-rata mencapai 6,5 ton per hektare berdasarkan hasil ubinan panen.

“Kita pasti mampu menggarap lahan food estate tersebut. Kami bukan ragu oleh sebab itu teknologi pertanian kita sudah ada demikian maju. Kami harapkan segera dapat disertai panen-panen selanjutnya,” sebut Amran pada keterangan resmi, diambil pada Kamis (25/1/2024).

Ia menambahkan, lahan dalam food estate Gunung Mas memiliki prospek besar. Dia menyatakan keyakinannya bahwa pemerintah dapat berhasil menerapkan perubahan struktural teknologi di tempat wilayah tersebut.

Penggunaan benih unggul, irigasi, juga pemupukan optimal dianggap oleh Amran sebagai faktor kunci di mencapai hasil panen jagung sebesar 6,5 ton per hektare di tempat food estate Gunung Mas.

“Untuk lahan yang dimaksud baru dibuka, produksi yang dimaksud baik sudah ada dapat dicapai oleh lahan ini. Kita dapat mengamati hasilnya pada waktu ini,” ujarnya.

Terkait penyetoran singkong di tempat Gunung Mas, Amran menjelaskan, akan dijalankan pasca panen jagung selesai. Hal ini, nantinya akan dikonsultasikan terhadap ahli pertanian guna analisa lapangan dan juga meyakinkan teknologi pertanian yang mana tepat.

“Kita punya ahli pertanian banyak, merek tiada perlu diragukan kemampuannya. Saya yakin panen jagung akan dilanjutkan panen singkong. Saya telah mengamati progresnya cukup baik. Kita butuh waktu agar optimal nanti hasilnya,” ucapnya.

Perlu diketahui bahwa Kementerian Pertanian bersatu Kementerian Keamanan telah lama melaksanakan penyertaan jagung di dalam food estate Gunung Mas, yang mempunyai luas 10 hektare.

Penanaman jagung ini diadakan bersamaan dengan vegetasi singkong yang mana sebelumnya sudah ditanam oleh Kementerian Defense dalam lokasi yang mana sama.

Saat ini, berbagai food estate dalam Indonesia sedang dikerjakan oleh pemerintah, termasuk dalam antaranya dalam Humbang Hasundutan seluas 418,29 hektare, food estate Temanggung kemudian Wonosobo seluas 907 hektare. Proyek-proyek yang disebutkan sudah melaporkan keberhasilan panen komoditas hortikultura.

Khusus untuk food estate dalam Kalimantan Tengah, Kementan mengklaim sudah berhasil melakukan intensifikasi kemudian ekstensifikasi lahan, mencapai hasil panen padi dengan produktivitas mencapai 5 ton per hektare.

Hal sejenis juga terjadi di area Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, lalu Kota Keerom, Papua, pada mana telah dilakukan berhasil melakukan panen jagung di dalam lahan seluas 500 hektare.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button