Nasional

Momen Jokowi juga Prabowo Resmikan Bareng Graha Utama Akmil pada Magelang

Kertasleces.co.id – Menteri Keamanan Prabowo Subianto menyampaikan bahwa Kementerian Perlindungan sudah pernah rampung mendirikan Graha Utama Akmil Magelang dengan luas bangunan 8.306 m2.

“Dengan rincian lantai 1 seluas 3.328 m2, lantai tiga 2.617 m2; disertai lantai 3 seluas 2.617 m2. Disertai renovasi perbaikan ruang makan untuk 1.200 taruna,” kata Prabowo di dalam Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah, Mulai Pekan (29/1/2024).

Calon presiden nomor urut 2 itu berujar, pembangunan Graha Utama Akmil Magelang merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan serta pengembangan prasarana institusi belajar di area institusi institusi belajar militer yang diharapkan dapat mempunyai peran sentral pada membentuk watak, mental, juga intelektualitas calon pemimpin TNI dan juga pemimpin bangsa. 

“Graha utama Akmil selain sebagai kantor gubernur kemudian pejabat utama Akmil, juga jadi tempat penyelenggaraan acara kehormatan militer, acara penting, penerimaan tamu asing, peringatan serius insiden bersejarah. Diharapkan perkembangan Akmil Magalang dapat meningkatkan kualitas kemudian mutu lembaga pendidikan para taruna, calon penerus bangsa lalu dapat meningkatakan daya saing prajurit muda di tempat kancah internasional,” ujar Prabowo.

Menteri Keamanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto bersatu Presiden Jokowi di area Akmil Magelang, Jawa Tengah, Hari Senin (29/1/2024). [Suara.com/Novian]
Menteri Defense sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dengan Presiden Jokowi di area Akmil Magelang, Jawa Tengah, Awal Minggu (29/1/2024). [Suara.com/Novian]

Sementara itu terkait peresmian Graha Utama, Jokowi mengaku senang lantaran mampu bertemu dengan beberapa jumlah tokoh.

“Hari ini saya senang bisa saja bertemu di tempat Akademi Militer Magelang pada Lembah Tidar. Hal ini kawahnya para prajurit TNI terbaik Angkatan Darat, tempat menempa mental, menempa intelektual, lalu menempa ketangguhan,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, pengerjaan Graha Utama seluar 8.068 meter per segi akan sangat memberikan dorongan untuk belajar lebih lanjut baik.

“Karena sarana juga prasarana institusi belajar di area Akmil akan semakin lengkap, semakin canggih juga semakin modern serta graha utama ini sanggup dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis serta acara-acara militer,” ujar Jokowi.

Akademi Militer Diminta Adaptif

Jokowi menekankan akademi militer harus mampu beradaptasi dengan kondisi global terkini. Hal itu ia sampaikak ketika peresmian Graha Utama di tempat Akademi Militer Magelang, Jawa Tengah.

Awalnya, Jokowi bicara mengenai lanskap dunia usaha dunia lalu lanskap urusan politik global yang sekarang bergerak lalu berubah.

“Disrupsi melanda ke semua negara. Perubahan teknologi juga sekarang muncul di dalam setiap ketika juga berubah-ubah begitu sangat cepatnya,” kata Jokowi pada sambutannya di area Akmil Magelang, Senin.

Oleh sebab itu, lanjut Jokowi, kalangan militer, termasuk Akmil perlu melakukan adaptasi terhadap inovasi yang dimaksud begitu cepat.

“Akademi militer juga sama, harus mampu dan juga mau menyesuaikan beradaptasi dengan disrupsi, dengan inovasi teknologi. Oleh sebab itu, STAMP pada pembelajaran sangat diperlukan pada militer. Science, techology, engineering, mathematic semuanya perlu dipelajari,” tutur Jokowi.

“Karena kalau kita lihat sekarang ini yang tersebut namanya kapal tanpa awak telah sangat biasa, pesawat besar tanpa awak juga biasa, mobil tanpa awak di area mana-mana, drone yang tersebut dipersenjatai dengan face recognition bisa saja mengejar sasaran tepat, akurat,” sambungnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button