Bisnis

Mulai Besok! KAI Operasikan Kereta Perekonomian New Generation untuk KA Gaya Baru Waktu petang Selatan

Kertasleces.co.id – JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero)/PT KAI akan mengoperasikan Kereta Perekonomian New Generation pada Kereta Api Gaya Baru Waktu petang Selatan (106) relasi Pasar Senen-Surabaya Gubeng. Pengoperasian mulai dilaksanakan pada Kamis (14/3), juga Kereta Api (105) Gaya Baru Waktu petang Selatan relasi Surabaya Gubeng-Pasar Senen akan dioperasikan mulai hari terakhir pekan (15/3).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pengoperasian Kereta Sektor Bisnis New Generation mentransformasi KA Gaya Baru Waktu petang Selatan menjadi dua kereta eksekutif, lima Kereta Kondisi Keuangan New Generation, satu kereta makan, satu kereta pembangkit, juga satu kereta bagasi.

“Peningkatan pelayanan pada KA kelas perekonomian ini adalah sebagai wujud komitmen KAI pada mendengarkan keinginan serta masukan dari para pelanggan, untuk dapat terus meningkatkan pelayanan dan juga customer experience. Sehingga tetap memperlihatkan relevan dengan perkembangan zaman,” jelas Joni melalui keterangan pers, Rabu (13/3/2024).

Dia mengatakan, KAI terus beradaptasi memenuhi harapan penduduk untuk meningkatkan kenyamanan pada kereta ekonomi. Kereta dunia usaha yang sebelumnya berkapasitas 106 tempat duduk dengan formasi 3-2, sandaran tegak lurus, dan juga saling berhadapan, secara bertahap diganti menjadi kereta dunia usaha berkapasitas 80 tempat duduk dengan formasi 2-2 berhadapan atau tidak ada berhadapan.

KAI sekarang ini kembali melakukan pengembangan terbaru dengan menghadirkan Kereta Kondisi Keuangan New Generation, di dalam mana jumlah total tempat duduk menjadi 72 kursi, sehingga leg room-nya menjadi lebih lanjut luas. Selain itu, jenis kursinya juga telah menggunakan tipe captain seat yang mana menyebabkan pelanggan semakin nyaman ketika bersandar serta dapat diatur kemiringannya (reclining) juga sanggup disesuaikan searah laju KA ataupun berhadapan (revolving).

Selain pada kursi, upgrade juga diadakan pada interior kereta dengan ditambahkan Public Information Display System (PIDS) yang mana dapat menampilkan jam juga suhu. Interior kereta juga dimodif mirip dengan kereta eksekutif seperti bentuk bagasi lalu nuansa interior yang tersebut lebih lanjut cerah.

Tak hanya saja itu, modifikasi juga dilaksanakan pada toilet yang digunakan menggunakan toilet duduk. Tersedia juga tempat ibadah dalam kereta restorasi. KAI melalui Balai Yasa Manggarai memiliki target di tempat tahun 2024 sebanyak 60 kereta kegiatan ekonomi jenis long seat berhadapan tegak lurus diganti dengan KA sektor ekonomi modifikasi new generation. Selanjutnya, sebanyak 52 kereta lainnya diganti di tempat tahun 2025.

“KAI akan terus memperbanyak modifikasi kereta sehingga semakin sejumlah sarana kereta api yang dimaksud ditingkatkan kenyamanannya. Harapannya, minat penduduk semakin besar untuk menggunakan transportasi massal kereta api yang digunakan aman, nyaman, selamat, kemudian tepat waktu,” jelasnya.

Related Articles

Back to top button