Kesehatan

Nggak Selalu Hamil, Ini adalah 5 Penyebab Perut Buncit pada Wanita seperti yang Dialami BCL

Kertasleces.co.id – Bunga Citra Lestari (BCL) lagi-lagi dikabarkan hamil lantaran perut buncit. Kabar yang dimaksud muncul pasca beredar video BCL sedang checksound pada sebuah hotel di dalam Makassar, Sulawesi Selatan.

Dalam video yang diunggah akun TikTok @kiaisauraa pada Hari Jumat (1/3), nampak BCL bernyanyi pada balutan tank top hitam juga celana legging biru tua.

BCL juga memakai jaket oversize yang tersebut resletingnya dibiarkan terbuka. Memang pada foto itu, perutnya nampak membuncit. Sontak belaka BCL secara langsung heboh dikabarkan sedang mengandung.

Terlepas dari benar tidaknya dugaan tersebut, sebelumnya BCL juga pernah diterpa kabar hamil sebab perut yang tersebut tampak membesar. Namun kabar itu tak terbukti kebenarannya.

Sebagai informasi, kondisi perut buncit pada wanita tak setiap saat terkait dengan kehamilan. Justru kondisi ini paling banyak terjadi dipengaruhi banyaknya jaringan lemak di area perut.

Dilansir dari laman Alodokter, berikut beberapa penyulut perut buncit pada wanita selain hamil.

1. Penumpukan lemak

Penumpukan lemak pada bagian perut dapat terjadi dikarenakan jarang olahraga ditambah konsumsi makanan tidaklah sehat, seperti makanan tinggi kalori, lemak, serta gula maupun minuman beralkohol.

2. Penumpukan gas (bloating)

bloating adalah kondisi pencernaan yang mana sedang terisi oleh gas atau udara. Penyebab dari bloating sendiri mampu sebab hormon juga stres, atau kondisi medis lainnya.

Ilustrasi perut buncit (Pexels/Andres Ayrton)
Ilustrasi perut buncit (Pexels/Andres Ayrton)

3. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah gangguan pencernaan yang ditandai dengan sulit buang air besar (BAB) atau tingkat kejadian BAB yang dimaksud lebih banyak sedikit. Jika terjadi pada waktu lama, feses yang dimaksud tertahan dapat menyebabkan penumpukan gas berlebih di area usus. Hal ini menyebabkan perut terlihat buncit.

4. Asites

Jika bloating adalah penumpukan gas, maka asites adalah penimbunan cairan di dalam antara organ yang digunakan terletak pada perut. Jika cairan yang mana menumpuk makin banyak, dapat mengakibatkan perut membesar juga terasa keras.

5. Menstruasi

Perut buncit dapat disebabkan oleh inovasi hormon pada waktu menstruasi. Level estrogen yang lebih lanjut tinggi ketika menstruasi menyebabkan penumpukan udara lalu gas pada usus. Akibatnya, perut jadi terasa buncit serta kembung.

Related Articles

Back to top button