Lifestyle

Okultisme Itu Apa? Keyakinan Heru Jejak Si Gundul sebelum Memeluk Agama Kristen

Kertasleces.co.id – Heru Widi atau Heru Gundul baru hanya menjadi bintang tamu podcast YouTube. Dalam podcast tersebut, sosok yang digunakan lebih tinggi dikenal sebagai Heru Jejak Si Gundul itu mengeksplorasi persoalan okultisme. Apa itu okultisme?

Podcast yang dihadiri Heru Gundul adalah Solusi Talks milik YouTube Solusi TV. Pada tayangan ini, Heru mengeksplorasi perjalanan hidupnya bersatu Pastor Brian Siawarta selaku pemandu acara.

Di menit-menit awal, Pastor Brian Siawarta menyinggung tentang keyakinan Heru Gundul. Dia rupanya penasaran apakah Heru meningkat di keluarga yang tersebut religius atau sebaliknya.

Heru Gundul menanggapi pertanyaan ini dengan mengungkap kepercayaannya sebelum memeluk agama Kristen. Ternyata pria jika Lampung itu dulunya menganut okultisme.

“Kalau ngomongin iman. Apakah itu memang benar kenal Tuhan atau bahkan agamawi enggak sih, religius enggak?” tanya Brian Siawarta, diambil dari YouTube pada hari terakhir pekan (26/1/2024).

“Jujur, dari kecil saya pengikut okultisme,” kata Heru Jejak Si Gundul.

Lantas, apa itu okultisme?

Merangkum berbagai sumber, kata “Okultisme” dibentuk dari bahasa Inggris “Occultism” dan juga kata bahasa Prancis “Occultisme“. Semua kata itu berasal dari bahasa Latin “Occultus” yang bisa jadi diantikan sebagai rahasia, misteri, tersembunyi, yang tersebut tak kelihatan, atau melampaui alam.

Dari pengertian pada atas, ajaran okultisme sanggup didefinisikan sebagai kepercayaan atau paham terhadap hal-hal yang mana misterius, rahasia atau gaib, supranatual, atau sosok gaib. Kepercayaan ini disertai dengan berbagai ritual dengan tujuan tertentu.

Menurut jurnal “Kajian Teologis Mengenai Praktik Okultisme kemudian Pelayanan Pelepasan Bagi Mahasiswa” yang mana terbit tahun 2020, beberapa jenis praktik okultisme di area Indonesia adalah ilmu ramal, ilmu hitam, ilmu putih, juga jimat.

Heru Gundul alias Heru Jejak Si Gundul. (YouTube/Solusi TV)
Heru Gundul alias Heru Jejak Si Gundul. (YouTube/Solusi TV)

Perjalanan Heru Jejak Si Gundul Pindah Keyakinan dari Okultisme Menjadi Kristen

Ketika masih mempercayai okultisme, Heru belajar sendiri semua ilmu kanuragan. Dia bahkan dapat mengalahkan musuh belaka dengan menghentakkan kedua tangannya dari jauh.

Semua itu berlangsung sampai sekitar tahun 1995. Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1997, Heru melakukan meditasi Ngrogoh Sukmo sebagai rangkaian untuk mendapatkan ilmu kasepuhan. Inilah titik awal Heru mulai mengenal Tuhan Yesus.

Ketika melakukan Ngrogoh Sukmo, roh Heru Gundul dibawa ke sebuah alam bak surga kemudian di tempat sana beliau bertemu sosok yang diyakini sebagai Yesus. Heru pun mencoba untuk mengikuti Yesus namun tak diperbolehkan.

Singkat cerita roh Heru akhirnya kembali kemudian mulai mengalami perjalanan spiritualnya. Bertahun-tahun berlalu, Heru mendapati dirinya menangis ketika mengikuti ibadah di tempat gereja sama-sama ibu rohaninya. Saat itu ia mendapat pencerahan hingga tak henti-hentinya menangis selama ibadah berlangsung.

Momen itu memproduksi Heru ingin bertaubat lalu segera dibaptis sebagai umat Kristen. Sejak pada waktu itu beliau menjadi penganut Kristen yang digunakan taat serta mulai membersihkan diri dari segala jenis “isi” yang digunakan didapatkannya selama menganut okultisme.

“Tuhan cuci bersih. Bener-bener saya plong, saya mampu ngerasain, ‘Tuhan engkau baik’. Hanya Roh Kudus, hanya saja ada Tuhan Yesus,” tegas Heru Gundul.

Sementara itu, Heru Gundul dikenal lewat acara “Jejak Si Gundul” yang digunakan tayang selama belasan tahun pada stasiun televisi Indonesia. Sosok Heru pun begitu melekat pada hati pemirsa setianya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button