Otomotif

Operasikan Taksi Listrik kemudian CNG, Bluebird Pangkas 27.000 Ton Emisi Karbon

Kertasleces.co.id – Bluebird mengklaim berhasil memangkas emisi karbon hingga 27.000 ton selama 2023 berkat berbagai inisiatif keberlanjutan, termasuk di area dalamnya pemakaian armada taksi listrik dan juga CNG (Compressed Natural Gas).

Saat ini Bluebird sudah ada mengoperasikan 200 armada taksi listrik, 3.200 armada taksi CNG, juga menggunakan panel surya sebagai alternatif energi bersih. 

Hasilnya, selama tahun 2023 pengaplikasian armada listrik telah lama berhasil mengempiskan hingga 2.600 ton emisi karbon, armada CNG menghurangi hingga 24.800 ton emisi karbon, lalu panel surya menghurangi hingga sebanyak 48,3 ton emisi karbon. 

“Bluebird sudah mencatatkan capaian positif di perbaikan lingkungan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, maupun tata kelola perusahaan,” kata Direktur Utama PT Bluebird Tbk, Adrianto Djokosoetono pada jumpa pers di dalam Jakarta, Kamis (25/1/2024).

Capaian itu merupakan buah dari Visi Keberlanjutan 50:30 yang digunakan dicanangkan Bluebird pada dua tahun silam. Dalam visi itu, Bluebird berambisi mengempiskan emisi karbon kemudian limbah operasional hingga 50 persen pada 2030.

Untuk mencapai visi tersebut, Bluebird melakukan berbagai inisiatif melalui tiga pilar utama, yaitu BlueSky, BlueLife, lalu BlueCorps. 

BlueSky adalah komitmen terhadap lingkungan, BlueLife merupakan komitmen terhadap kesejahteraan sosial, lalu BlueCorps yang digunakan menjadi komitmen di menjalankan tata kelola perusahaan yang digunakan baik.

Selain itu, Bluebird juga mengimplementasikan acara 3R (reduce, reuse, recycle) dimana pengemudi kemudian karyawan wajib menggunakan botol minum isi ulang dengan proyeksi pengurangan sampah plastik sekali pakai hingga 1 jt ton selama tahun 2023.

Penggunaan taksi listrik lalu CNG merupakan bagian dari pilar BlueSky. Untuk pilar BlueLife, Bluebird telah dilakukan membantu meningkatkan akses lembaga pendidikan dengan memberikan beasiswa untuk tambahan dari 38.000 anak pengemudi berprestasi lalu memberdayakan tambahan dari 1.000 istri juga putri pengemudi melalui kegiatan Kartini Bluebird.

Sementara untuk pilar BlueCorps, selain menjalankan tata kelola perusahaan yang dimaksud baik melalui transparansi dan juga akuntabilitas, Bluebird juga terus-menerus meningkatkan kualitas pengelolaan bengkel hingga mendapatkan sertifikasi kelas A. 

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button