Otomotif

Pantang Berkendara Agresif Saat Hujan, Begini Alasannya

Kertasleces.co.id – Melaju bersatu kendaraan beroda dua motor kesayangan ketika hujan turun serta mengamati kendaraan-kendaraan lainnya melipir menghasilkan semangat buat mendahului atau melahap trek terlebih dahulu? Nanti dulu. Ini adalah tidak persoalan menyalip atau siap mengatur di tempat bagian terdepan. Melainkan menakar kemungkinan buruk, apakah ada genangan air di tempat hadapan nantinya.

Dikutip dari rilis resmi Yamaha Indonesia sebagaimana diterima Suara.com, berkendara dalam musim hujan membutuhkan fokus lalu konsentrasi tambahan tinggi mengingat medan yang tersebut dihadapi tidak kondisi seperti biasa. Yaitu tanpa guyuran hujan juga kemungkinan faktor bahaya. Antara lain genangan air, banjir, sampai trek licin.

“Kondisi jalan yang mana basah lalu tergenang air menyebabkan risiko kecelakaan menjadi lebih besar besar. Untuk itu, fokus yang mana tinggi, persiapan yang mana matang dan juga pemahaman berkendara yang digunakan baik serta pemilihan jalur yang mana tepat, menjadi poin-poin yang mana penting untuk menjaga safety riding ketika berkendara di tempat musim hujan,” demikian jelas Muhammad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

Agar kinerja motor matik tetap saja seru, jangan lewatkan perawatan rutin [PT YIMM].
Perawatan rutin kendaraan beroda dua motor Yamaha, penting diadakan apalagi ketika musim hujan  [PT YIMM].

Dalam situasi ini, keinginan berkendara lebih besar agresif juga mesti ditiadakan, mengingat kondisi medan yang mana menuntut cara mengemudikan kendaraan beroda dua motor dengan tertib dan juga penuh kewaspadaan.

Berikut tips naik motor ketika musim hujan yang dibagikan Yamaha Riding Academy (YRA):

Tidak berkendara secara agresif

  • Sebelum memulai perjalanan sama-sama kendaraan beroda dua motor di dalam ketika hujan mesti ditanamkan di area benak bahwa cara mengemudi harus jauh-jauh dari niat berkendara agresif.
  • Pasalnya, trek pada kondisi hujan merupakan jalan licin dan juga jarak pandang terbatas. Sehingga semangat mengemudi harus disikapi dengan cara berkendara yang mana bijak. Antara lain tak mengemudikan kendaraan beroda dua motor pada kecepatan yang mana tinggi kemudian kerap mendahului pengendara lain. Hindari pula mengerem secara mendadak akibat pada waktu jalan licin, traksi ban ke aspal menjadi tidaklah optimal sehingga ada risiko terjadi selip.
  • Tanamkan terhadap diri sendiri agar setiap saat jaga jarak aman dan juga berkendaralah pada kecepatan sedang dan juga konstan.

Motor mesti di kondisi sehat

  • Lakukan pengecekan sepeda gowes motor sebelum berkendara kemudian memverifikasi motor di kondisi layak jalan.
  • Di musim hujan ada beberapa komponen motor yang mana memiliki peranan vital juga penting untuk dicek, seperti ban yang dimaksud berfungsi menjaga traksi ke permukaan jalan, lampu penerangan yang tersebut membantu jarak pandang, sistem pengereman untuk deselerasi kecepatan dalam permukaan jalan yang digunakan basah juga licin, dan juga beberapa komponen pendukung berkendara lainnya.
  • Bila ada komponen motor yang tersebut dirasa perlu untuk dicek lebih besar lanjut atau diganti, konsumen sepeda gowes motor Yamaha dapat memanfaatkan aplikasi mobile My Yamaha Motor. Karena melalui perangkat lunak ini dapat mengecek lokasi dealer terdekat hingga menyebabkan jadwal booking service semakin mudah serta praktis lewat smartphone.

Selalu siap sedia jas hujan

  • Pilih mantel atau jas hujan two-pieces terdiri dari atasan lalu celana panjang, bukanlah model satu piece yang tersebut berkibar-kibar juga berpotensi tersangkut pada rantai sepeda gowes dan juga berbagai komponen sepeda gowes motor.
  • Peranti ini termasuk wajib dibawa pada waktu musim hujan, selain menyebabkan pengguna tidaklah kehujanan, juga mengempiskan terpaan angin juga hawa dingin pada waktu mengemudi.

Sebelum berangkat kumpulkan informasi tentang rute

  • Dengan mendapatkan informasi terkini, bisa saja dipilih rute yang mana menyokong unsur keselamatan atau safety pada waktu berkendaraan.
  • Hindari jalan di area mana banyak terjadi genangan air atau banjir. Apabila pengendara nekat menerjang jalanan banjir, selain berbahaya, motor bisa jadi mengalami kehancuran serius.

Berhentilah ketika hujan deras

  • Bila intensitas hujan sangat tinggi, cari tempat aman untuk berteduh. Salah satu alasannya, jarak pandang pasti terganggu lalu genangan air di dalam jalan menghasilkan kendaraan beroda dua motor sulit dikontrol.
  • Pastikan lokasi menepi aman, bukan berada di tempat bawah jembatan, underpass, atau ruang rakyat lainnya yang tersebut dapat mengganggu arus lalu-lintas juga menyebabkan kemacetan.

Rawat segera sepeda gowes motor pasca diajak menembus hujan

  • Saat pemakaian di tempat musim hujan, kendaraan beroda dua motor berpotensi kotor akibat lumpur dan juga tanah yang menempel kemudian berpotensi menyebabkan karat.
  • Segera cuci motor dan juga beri pelumas di tempat bagian yang mana rawan berkarat, seperti standar samping juga tengah, footstep, juga kaki-kaki motor.
  • Cek kondisi oli dan juga busi untuk memverifikasi bukan ada air yang masuk ke di ruang mesin.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button