Nasional

Pastikan Bela Aiman, Ganjar Titip Pesan ke Polisi: Cara Melawannya Bukan Menangkap tapi…

Kertasleces.co.id – Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengomentari perkara tudingan polisi tak netral dengan terlapor Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono.

Ganjar melakukan konfirmasi TPN akan terus-menerus membela Aiman di dalam perkara tersebut.

“Anak itu sekarang diperiksa oleh kepolisian namanya Aiman Witjaksono, kami akan bela Aiman,” ujar Ganjar pada Hajatan Rakyat di tempat Cirebon, Jawa Barat, Hari Sabtu (27/1/2024).

Eks Gubernur Jawa Tengah itu mengumumkan Aiman adalah orang jurnalis yang dimaksud semata-mata menceritakan kondisi pada waktu ini. Oleh sebab itu, Ganjar berpandangan Aiman tak sepatutnya dipolisikan.

“Maka caranya, melawannya bukanlah menangkap, memeriksa, tapi silakan anda punya hak jawab,” ucap Ganjar.

“Itu lah pers yang dimaksud bebas yang ketika itu diperjuangkan ketika era reformasi,” ucap Ganjar.

Ganjar memverifikasi TPN akan memberikan pendampingan hukum bagi Aiman.

“Tim Ganjar-Mahfud hari ini akan mendampingi, kita akan tanyakan ke penegak hukum sebenarnya apa yang dimaksud terjadi,” jelas Ganjar.

Untuk diketahui, penyidik Polda Metro Jaya telah meninggal status perkara Aiman ke tahap penyidikan pada 28 Desember 2023 lalu.

Dirreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengungkapkan pihaknya meningkatkan status perkara dari tahap penyelidikan ke penyidikan usai penyidik menemukan adanya unsur pidana di dalam balik pernyataan Aiman yang menuding Polri tak netral pada pemilihan 2024.

Aiman Witjaksono ketika ditemui pada Polda Metro Jaya, hari terakhir pekan (26/1/2024). (ANTARA/Ilham Kausar)
Aiman Witjaksono ketika ditemui di dalam Polda Metro Jaya, Hari Jumat (26/1/2024). (ANTARA/Ilham Kausar)

Dihubungi terpisah, Aiman ketika itu mengaku heran juga janggal menghadapi langkah penyidik tersebut. Pasalnya, dugaan terkait ketidaknetralan Polri pada pemilihan 2024 yang disebutkan menurut Aiman juga diungkap oleh beberapa media massa nasional.

“Aneh bin janggal, kenapa? Karena apa yang saya ungkapkan juga disampaikan jarak jauh lebih besar detil oleh Majalah Tempo,” tutur Aiman.

“Jadi kalau ini masih terus diproses pertanyaannya ada apa? Kenapa kemudian ini diproses hukum?,” tambahnya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button