Otomotif

Pembatasan Pertalite: Mobil juga Motor Apa yang digunakan Boleh Beli? Ini adalah 5 Faktanya

Kertasleces.co.id – eksekutif memiliki target pembatasan pemakaian Pertalite yang akan diterapkan mulai tahun ini. Akibatnya, tak semua jenis kendaraan sanggup beli bensin tersebut.

Tak cuma Pertalite, pembatasan Solar pun juga akan diberlakukan, di tempat mana fokusnya akan ditujukan ke kendaraan angkut pangan, angkutan umum juga sebagainya.

Untuk selengkapnya, berikut adalah 5 rangkuman fakta terkait rencana pembatasan ini:

Pengendara mengisi BBM di area sebuah SPBU di tempat Setiabudi, Ibukota Selatan, Selasa (3/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]
Pengendara mengisi BBM dalam sebuah SPBU di dalam Setiabudi, Ibukota Indonesia Selatan, Selasa (3/1/2023). [Suara.com/Alfian Winanto]

1. Target Penerapan Tahun Ini

Pemerintah berusaha mencapai penerapan pembatasan pemanfaatan Pertalite mulai tahun ini. Hal ini diadakan melalui revisi Peraturan Presiden (Perpres) no. 191 tahun 2014.

2. Revisi Aturan Sedang Dilakukan

Menteri ESDM, Arifin Tasrif, menjelaskan bahwa ketika ini pemerintah sedang melakukan revisi terhadap Perpres tersebut. Dengan revisi ini, akan diatur mengenai siapa belaka yang digunakan boleh membeli Pertalite.

3. Kategori Kendaraan yang tersebut Boleh Menggunakan Pertalite

Setelah penerapan pembatasan, akan ada ketentuan mengenai jenis kendaraan yang boleh membeli Solar kemudian Pertalite. Biasanya, kendaraan yang digunakan angkut materi pokok serta angkutan umum akan diberikan prioritas.

4. Skenario Pembatasan untuk Mobil juga Motor

Terdapat skenario pembatasan yang dimaksud diajukan, khususnya untuk mobil lalu motor. Untuk mobil, terdapat usulan agar semata-mata mobil dengan kapasitas di dalam bawah 1.400 cc yang digunakan boleh menggunakan Pertalite. Sedangkan untuk motor, cuma motor dengan kapasitas dalam bawah 150 cc yang masih diizinkan menggunakan Pertalite.

5. Uji Coba Pembatasan Telah Dilakukan

Sebelum penerapan secara resmi, Pertamina telah dilakukan melakukan uji coba pembatasan pengaplikasian Pertalite bagi yang tersebut belum mendaftar di tempat Inisiatif Subsidi Tepat MyPertamina.

Jika belum mendaftar, pengguna belaka dapat mengisi maksimal 20 liter per hari, sementara yang digunakan sudah ada mendaftar tiada akan mengalami pembatasan.

Related Articles

Back to top button