Lifestyle

Penampakan Ponpes Ora Aji Milik Gus Miftah, Punya Santri Tak Biasa sampai Biaya Nol Rupiah

Kertasleces.co.id – Miftah Maulana Habiburrahman atau lebih lanjut dikenal dengan Gus Miftah dikenal sebagai pendakwah. Selain itu, ia rupanya memiliki sebuah pesantren yang mana tak biasa di area Yogyakarta.

Pondok pesantren yang disebutkan bernama Ora Aji yang digunakan didirikan Gus Miftah pada 2011 lalu. Memiliki nama yang tersebut tak lazim bagi pondok pesantren, Ora Aji sendiri mempunyai filosofi yang mendalam.

Ora Aji sendiri merupakan bahasa jawa yang berarti tak berharga atau mewah. Kata ini kemudian difilosofikan bahwa tak ada orang pun yang dimaksud berarti di area mata Allah selain ketakwaannya.

Profil Ponpes Ora Aji

Seorang warga melintas di dalam sekitar lokasi Pondok Pesantren Ora Aji milik Gus Miftah. [Kontributor Suarajogja.id/ Julianto]
Seorang warga melintas dalam sekitar lokasi Pondok Pesantren Ora Aji milik Gus Miftah. [Kontributor Suarajogja.id/ Julianto]

Pondok pesantren Gus Miftah Senidri berada diJl. Werkudara, Tundan, Purwomartani, Kec. Kalasan, Daerah Sleman, Yogyakarta.

Pesantren Ora Aji ini berdiri di tempat menghadapi lahan 1.500 meter. Tanah ini merupakan pemberian dari jemaah Gus Miftah, yaitu pemilik Toko Merah yang digunakan juga jadi tempat ngaji rutinan yang dimaksud diasuh Gus Miftah.

Usai mendapatkan tanah tersebut, akhirnya didirikanlah rumah lalu masjid berbekal uang Simbol Rupiah 20 juta. Kamudian Gus Miftah mendirikan masjid megah di dalam lingkungan yang disebutkan bernama Masjid Al-Mbejaji.

Kini Pondok Pesantren itu telah lebih lanjut bagus dengan dua lantai di area mana di dalam lantai dua ada pendopo.

Santri Unik

Penampakan Ponpes Ora Aji (Istimewa)
Penampakan Ponpes Ora Aji (Istimewa)

Bukan belaka nama yang mana berbeda, namun pesantren ini miliki sebagian santri yang dimaksud tak kalah nyentrik. Banyak santri berdatangan dari kalangan mantan narapidana, mantan pegawai salon plus-plus, hingga mantan pegawai tempat hiburan malam.

Pesantren yang disebutkan ditaksir telah mempunyai 200 santri di dalam mana ringgal, makan, lalu mengaji secara gratis. Semakin terkenal Gus Miftah, Pesantren Ora Aji juga makin banyak dikunjungi bahkan oleh kalangan pejabat.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button