Bisnis

Pencairan BLT Rp600 Ribu Mundur Terus, Awalnya Sebelum Nyoblos Tapi Kini Belum Ada Kepastian

Kertasleces.co.id – Penerima inisiatif Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu tampaknya harus ekstra bersabar akibat pemerintah hingga pada masa kini belum dapat memberi kepastian kapan bantuan itu segera dicairkan. 

Asal tahu semata BLT bertajuk mitigasi risiko pangan ini sudah ada dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan diberikan pada bulan Februari 2024 kemarin atau sebelum hari pencoblosan, tapi sayangnya janji itu belum sanggup realisasi dengan alasan yang dimaksud tidak ada diketahui. 

Menteri Koordinator Lingkup Perekonomian Airlangga Hartarto pun tak mampu memberikan kepastian kapan BLT itu diberikan.

“Mungkin sebelum lebaran lah, jadi tunggu sidang isbat dulu,” kata Airlangga Hartarto akhir pekan lalu.

Meski demikian Airlangga menjamin BLT Rp600 ribu pasti akan dicairkan oleh pemerintah pada tahun ini, dengan merujuk kapan lalu waktunya pada semester I 2024 ini.

“Yang jelas BLT mitigasi risiko pangan akan diadakan di tempat semester ini,” janjinya.

Pemerintah akan memberikan bantuan dengan segera tunai (BLT) senilai Simbol Rupiah 200.000 selama tiga bulan berturut-turut, yakni Januari-Februari-Maret 2024, atau total Rupiah 600.000, pada Februari 2024. BLT yang disebutkan adalah mitigasi risiko pangan yang menyasar 18,8 jt keluarga penerima faedah (KPM).

BLT bertujuan untuk menjaga daya beli penduduk di dalam sedang risiko kenaikan harga pangan akibat perubahan musim panen dan juga hari besar keagamaan. BLT akan disalurkan oleh PT Pos Indonesia, kemudian situs Kemensos akan menampilkan nama penerima faedah sesuai wilayah atau area yang digunakan dimasukkan. 

Related Articles

Back to top button