Nasional

Pengasuh Pondok Pesantren Tertua pada Jatim Beri Kode 2 Jari, Sosok Ini adalah Disebut Jadi Kunci Utama

Kertasleces.co.id – Beredar foto pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, KH Ahmad Fuad Noerhasan berpose dua jari dengan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Foto yang disebutkan dikaitkan dengan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Jatim, Boedi Prijo Soeprajitno membenarkan foto tersebut. Dia juga mengeklaim, Kiai Fuad Noerhasan membantu Prabowo-Gibran.

Baca Juga: 

  • Baliho Caleg Adian Napitupulu Viral Gara-Gara Editan Foto Beda Jauh lalu Klaim ‘Berjuang Untuk Rakyat’
  • Nyanyi di tempat Panggung Kampanye, Warganet Bandingkan Alam Ganjar kemudian Kiesha Alvaro: Mendingan…
  • Lagi Kampanye, Adab Selvi Ananda juga Gibran ketika Buang Sampah Jadi Sorotan

Boedi menyampaikan, foto Kiai Fuad Noerhasan dengan Khofifah yang dimaksud diambil seusai HUT ke-51 SPSI di area Sidoarjo pada Akhir Pekan (28/1/2024).

Dia mengaku hadir pada pertemuan Khofifah yang dimaksud juga Jurkamnas Prabowo-Gibran di area Sidogiri, Pasuruan. Foto yang disebutkan diambil usai pertemuan.

“Hubungan Bu Khofifah serta komunikasi dengan para kiai di tempat Sidogiri sejak dipimpin oleh Romo Kiai Haji Nawawi Abdul Jalil, itu terjalin baik. Bahkan pada waktu ini, Bu Khofifah, mendapat suplai dukungan dari Sidogiri ini menambah semangat untuk mengungguli pasangan Prabowo-Gibran di area Jawa Timur,” kata Boedi disadur dari Beritajatim.com–jaringan Suara.com, Mulai Pekan (29/1/2024).

Ponpes Sidogiri, Pasuruan, berdiri pada awal abad ke-18 oleh Sayyid Sulaiman. Pondok ini masuk pada salah satu yang tertua pada Indonesia.

Sayyid Sulaiman, pendiri pesantren adalah pribadi Sayyid jika Cirebon yang dimaksud miliki garis keturunan Rasulullah dari nasab Basyaiban dan juga cucu dari Sunan Gunung Jati. Dengan bantuan Kiai Aminullah, santri dan juga menantu Sayyid Sulaiman dari Bawean, pesantren ini dibangun dalam Sidogiri.

Pondok Pesantren Sidogiri sudah pernah menerima penghargaan sebagai salah satu pondok pesantren tertua di area Indonesia.

Sementara itu, Pengamat urusan politik dari Departemen Fisip Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Fahrul Muzakki mengatakan, dukungan para kiai dan juga gus muda pada Pilpres 2024 terbilang wajar.

Beberapa gus muda sejumlah yang dimaksud telah terjadi menentukan pilihannya menjauhi hari pencoblosan. “Itu semisal Gus Kautsar, telah agak-agak mulai goyang ke arah 02,” kata Fahrul.

Fahrus Muzakki menyebut, dukungan dari kalangan pesantren ini seperti fenomena gunung es yang bukan terlihat pada permukaan.

“Bahayanya di dalam mana? Ya akan ada sejumlah dukungan kiai lalu pesantren Jatim login mendukung Paslon 02. Hal ini oleh sebab itu tampilnya Bu Khofifah Indar Parawansa, yang dimaksud all out bagi Paslon 02. Tentu saja, hal itu tak bisa saja dibendung kemudian akan dihadiri oleh oleh para tokoh juga kiai se-Jatim,” katanya.

Dukungan dari kalangan pondok pesantren memiliki pengaruh besar di tempat akar rumput.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button