Bisnis

Pengesahan RUU Pekerja Rumah Tangga Jadi Hal yang Diutamakan Mahfud Jika Terpilih Jadi Cawapres

Kertasleces.co.id – Calon duta presiden nomor urut 3 Mahfud MD akan memprioritaskan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) apabila menjabat wapres pendamping Ganjar Pranowo.

Awalnya, Mahfud mendapatkan pertanyaan dari salah individu pelajar UNDIP bernama Angelia tentang pekerja rumah tangga yang dimaksud dianggap kerap direndahkan. Padahal pekerjaan domestik seperti ini juga perlu dihargai, khususnya mengenai pengupahan.

“Yang menjadi konsern saya juga terkait pengawasan prof. Pengawasan dari pekerja rumah tangga yang tersebut direkrut oleh lembaga. Nah itu pemerintah belum mempunyai serupa sekali pengawasan terhadap pekerja rumah tangga,” tuturnya ditulis Kamis (25/1/2024).

Mendengar aspirasi tersebut, Mahfud menyampaikan bahwa apa yang menjadi konsern dalam pertanyaan itu adalah pengesahan RUU PPRT. Saat ini RUU itu telah masuk prolegnas DPR.

“Sekarang tinggal kesepakatan partai-partai. Ingat ini negara demokrasi, kalau pemerintah telah ajukan lalu DPR-nya bukan melanjutkan, kita bukan mampu memaksakan juga,” kata Mahfud

Oleh sebab itu, Mahfud mengatakan rakyat sipil kemudian perguruan tinggi harus kuat menyokong pengesahan RUU PPRT agar para pekerja rumah tangga dapat mendapat pengamanan hukum.

Mahfud pun berjanji menjadikan pengesahan RUU PPRT sebagai prioritas utama jikalau terpilih jadi Wapres. Mahfud berharap DPR segera mengesahkannya.

“Mudah-mudahan segera ditanggapi oleh DPR. Tapi kalau ini misalnya pada periode ini ditanggapi juga, nanti pemerintahan yang digunakan akan datang insya Allah ini akan masuk prioritas utama pada periode pertama,” pungkas Menkopolhukam itu.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button