Teknologi

Penerangan Kominfo mengenai Nama Mahfud Hilang dalam X Twitter

Kertasleces.co.id – Kementerian Komunikasi kemudian Informatika (Kominfo) menyingkap pengumuman perihal hilangnya nama Mahfud MD di tempat media sosial X alias Twitter. Ternyata nama yang disebutkan hilang akibat aktivitas spam dari akun bot.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemenkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan mengungkapkan, penyulut kata ‘Mahfud’ tak sanggup dicari di area X akibat akun bot yang mana mengirim spam dengan nama sang menteri.

“Jadi keyword Mahfud itu ada yang tersebut mengirim spam, bot spam, sejumlah itu. Akhirnya sebab bot pasti ini, ada beberapa lah, tapi yang digunakan saya lihat itu,” ungkap Semuel di konferensi pers pada Kominfo, hari terakhir pekan (26/1/2024).

Pihak X pun telah berkoordinasi dengannya kalau hilangnya kata Mahfud memang sebenarnya terjadi berkat ulah bot. Bahkan akun-akun itu juga sudah ada terdeteksi.

“X bilang telah melaporkan ke saya juga, kita sudah ada temukan bot-nya, ada bot spamming,” imbuhnya.

Pria yang digunakan akrab disapa Semmy itu pun telah menghubungi X sejak Hari Jumat pagi untuk melakukan perbaikan dari ulah bot tersebut.

“Tadi saya telepon jam 8.30 dari Singapura itu beliau bilang lagi recovery,” beber dia.

Saat ini Semuel mengungkapkan bahwa permasalahan ini sudah ada diselesaikan oleh X dengan membersihkan akun-akun bot tersebut. Ia menegaskan kalau media sosial memang sebenarnya memiliki teknologi untuk mendeteksi akun spam.

Sebelumnya nama Mahfud MD sempat menghilang dalam X. Kata Mahfud tidaklah bisa saja ditemukan di area kolom pencarian Twitter.

Mahfud juga sempat mengumumkan akun Twitter Indonesia untuk mempertanyakan kenapa namanya tidak ada bisa saja dicari.

“Wah, kok dapat ya @TwitterID ??? SELESAI,” tegasnya lewat akun Twitter @Mohmahfudmd.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button