Otomotif

Penjualan Mobil Hybrid Suzuki Mulai Berbuah Manis pada 2023

Kertasleces.co.id – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan penutupan tahun 2023 dengan total perdagangan retail sebanyak 82.224 unit atau turun dari tahun sebelumnya yang digunakan mencapai 89.067 unit.

Meski mengalami penurunan, disampaikan Public Relations Head PT SIS, Zulfikar Rafi Al Ghany, pelanggan mobil baru Suzuki mulai mengalami pergeseran.

“Roda empat untuk pemasaran retail 2023 82.224 unit. Ada yang menarik, dari total perdagangan mobil baru, 36 persen ditopang model hybrid,” ujar Zulfikar Rafi Al Ghany, pada Jakarta, Selasa (23/1/2024).

Suzuki sendiri pada waktu ini memasarkan beberapa model hybrid seperti Suzuki XL7, Ertiga, juga Grand Vitara.

Tercatat Suzuki XL7 menjadi model yang berkontribusi paling besar, yakni 47 persen. Sedangkan Ertiga 43 persen juga Grand Vitara 10 persen.

“Penerimaan dalam market hybrid tergolong positif. Pencapaian tertinggi terjadi di tempat November-Desember dengan masing-masing 49 persen,” terang Ghany.

Sedangkan bila dilihat lebih tinggi lanjut, dikatakan Ghany, model SUV atau sport utility vehicle menjadi model yang paling diminati oleh para konsumen Suzuki sepanjang 2023.

“Secara total 58 persen itu model SUV. Sisanya baru model lain,” pungkas Ghany.

Secara keseluruhan, transaksi jual beli Suzuki sepanjang 2023 ditopang oleh New Carry. Mobil yang digunakan dikenal sebagai “Rajanya Pick Up” itu melakukan penutupan 2023 dengan torehan prestasi perdagangan cemerlang.

New Carry berhasil mendominasi serta mengungguli transaksi jual beli kendaraan komersial ringan secara nasional dengan hitungan pemasaran sebesar 44.391 unit selama setahun. Juga, berkontribusi sebesar 54 persen untuk jualan retail Suzuki secara keseluruhan.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button