Olahraga

Perbasi Kembangkan Pebasket Muda Berkesempatan Indonesia Berpostur Lebih dari 180 Cm

Kertasleces.co.id – Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) berfokus untuk mengembangkan pebasket muda potensial Indonesia dengan postur dalam melawan 180 cm yang dimaksud akan dilatih di area Lithuania selama enam bulan.

Perbasi mengadakan pencarian talenta basket di tempat beberapa orang kota di area Indonesia dengan aturan tinggi minimal 180 cm.

“Yang perlu diperhatikan adalah, scouting ini tidak untuk membentuk Tim Nasional. Scouting ini untuk mencari pemain potensial bertinggi minimal 180 cm yang dimaksud kemudian dikirim untuk berlatih ke Lithuania,” kata Ketua Umum Perbasi, Danny Kosasih seperti dimuat Antara, Mulai Pekan (19/2/2024).

Saat pelaksanaan pencarian talenta Indonesia Patriots di dalam DKI Jakarta, sebanyak 60 kontestan ambil bagian dengan didominasi tinggi badan 180 cm hingga 190 cm. Sebanyak enam kontestan tinggi antara 190 cm hingga 195 cm, lalu dua pemain memiliki tinggi di tempat melawan 195 cm.

Perbasi kemudian melakukan hal yang digunakan identik dalam Pusat Kota Makassar, Tangerang, hingga mencapai total 11 area di dalam Indonesia.

Danny berharap dari pencarian talenta basket di area 11 wilayah diharapkan mendapatkan pemain dengan tinggi minimal 180 cm sebanyak 100 pemain. Mereka kemudian akan dikumpulkan dalam Surabaya untuk diseleksi secara langsung oleh instruktur jika Lithuania pada 4 hingga 6 Maret 2024.

Dari seleksi dengan segera oleh ahli jika Lithuania ini, diharapkan mendapatkan 15 pemain potensial. Mereka kemudian akan diterbangkan ke Lithuania untuk berlatih kurang lebih lanjut selama 6 bulan.

“Semua biaya selama di tempat Lithuania menjadi tanggungan PP Perbasi. Bahkan selama seleksi dalam Surabaya, bagi 100 partisipan yang mana seleksi, mendapatkan infrastruktur akomodasi gratis,” ujar Danny.

Dari pencarian talenta pada 11 area tersebut, sebanyak 100 pemain akan diberitahukan pada awal Maret mendatang, mendekati seleksi 100 pemain dengan tinggi minimal 180 cm pada Surabaya.

“Bagi pemain yang dimaksud mempunyai tinggi pada bawah 180 cm bukanlah tertutup peluangnya menjadi pemain basket. Mereka bisa saja mencoba peruntungan pada waktu PP Perbasi mengatur seleksi pembentukan Tim Nasional. Terdekat kami akan siapkan timnas untuk hadapi SEABA dan juga Piala Asia U-18,” kata Danny.

Related Articles

Back to top button