Otomotif

Perjalanan Honda BeAT dari Masa ke Masa, Motor “Sejuta Umat” yang mana Irit

Kertasleces.co.id – Honda BeAT telah cukup lama beredar dalam Indonesia. Sejak pertama kali diperkenalkan di dalam Indonesia pada 2008, motor ini menjadi salah satu pilihan dari para konsumen di area Tanah Air.

Motor produksi Honda ini pun juga mendapatkan julukan dari beberapa warga dengan sebutan motor “sejuta umat”. Pasalnya, tak sedikit warga yang dimaksud sudah pernah menggunakannya untuk aktivitas.

Selama diperkenalkan tahun 2008, Honda BeAT telah mengalami beberapa evolusi. Berikut ulasan dari perjalanan Honda BeAT dari masa ke masa.

  • Honda BeAT Karburator (2008-2012)
Honda BeAT karburator (bukapalak)
Honda BeAT karburator (bukapalak)

Honda BeAT memulai debutnya di area Indonesia pada tahun 2008 dengan mesin berkapasitas 108 cc yang tersebut masih mengandalkan karburator.

Generasi pertama ini dikenal dengan sebutan Honda BeAT karbu. Salah satu ciri khasnya adalah kata-kata starter yang dimaksud kasar serta dimensi yang digunakan lebih lanjut kecil dibandingkan motor matic ketika ini.

Meskipun mempunyai karakteristik unik, Honda BeAT karbu terkenal sebagai motor yang tambahan boros bensin.

Mesin ini mengalami minor change pada tahun 2010, dengan pembaharuan mencolok pada sepatbor depan yang bukan menempel pada ban depan.

  • Honda BeAT PGM-FI (2012-2014)

Empat tahun pasca peluncuran, Honda BeAT mengalami pembaruan pada tahun 2012 dengan hadirnya Honda BeAT PGM-FI yang menggunakan teknologi injeksi.

Desainnya mengalami inovasi signifikan, terasa lebih banyak besar lalu memiliki bagasi jok yang dimaksud lebih banyak lapang.

Meskipun demikian, karakteristik ucapan starter yang tersebut khas dari generasi sebelumnya masih ada.

  • Honda BeAT eSP (2014-2016)
New Honda Beat eSP. [AHM]
New Honda Beat eSP. [AHM]

Honda BeAT PGM-FI kemudian digantikan oleh Honda BeAT eSP pada tahun 2014, yang digunakan tetap memperlihatkan menggunakan bodi yang mirip dengan pendahulunya.

Mesinnya mengalami pembaharuan total dengan teknologi Enhanced Smart Power (eSP), termasuk ciri Idling Stop System (ISS).

Varian Honda BeAT POP juga diperkenalkan untuk pengguna wanita, meskipun kurang diminati.

  • All New Honda BeAT eSP (2016-2020)

Generasi ketiga, All New Honda BeAT eSP, diperkenalkan pada tahun 2016. Meskipun mesinnya tetap saja sama, desain serta fiturnya mengalami peningkatan.

Spidometer baru dengan kombinasi analog juga digital, eco indicator, dan juga peningkatan kapasitas tangki lalu bagasi membuatnya lebih tinggi modern.

Varian All New Honda BeAT Street juga diresmikan dengan perbedaan pada setang yang digunakan terbuka tanpa cover, mirip motor trail.

  • All New Honda BeAT (2020-sekarang)

Pada tahun 2020 akhirnya pergi dari Honda BeAT generasi terbaru yang dimaksud dikenal sebagai All New Honda BeAT. Desainnya dari bodi berubah total juga pakai mesin generasi eSP generasi terbaru.

Mesin Honda BeAT generasi terbaru sekarang ini pakai model long stroke dengan konfigurasi bore x stroke 47 x 63,1 mm. Mesin Honda BeAT ini diklaim punya tarikan yang mana responsif, namun juga mampu menghemat pemakaian unsur bakar.

All New Honda BeAT ini juga pakai sasis baru yang oleh Honda dinamai e-SAF yang diklaim miliki bobot ringan.

Dan pada masa kini muncul kabar kalau Honda BeAT diisukan akan mendapatkan ubahan dari PT Astra Honda Motor (AHM). Apakah nantinya Honda BeAT akan mengalami ubahan yang tersebut signifikan?

Related Articles

Back to top button