Otomotif

Pertemuan Presiden – Sri Raja Yogyakarta, Hal ini Mobilnya

Kertasleces.co.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Kraton Kilen, Yogyakarta pada Hari Minggu (28/1/2024) untuk berjumpa dengan Raja Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Dikutip dari kantor berita Antara, Pengageng Kawedanan Hageng Punokawan (KHP) Kridhomardowo Keraton Yogyakarta, Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Notonegoro menjelaskan kunjungan Presiden RI ke kediaman Kanjeng Sinuhun adalah silaturahmi.

“Kalau beliau ke Yogyakarta dan juga ada waktu biasanya silaturahmi terhadap Ngarsa Dalem (sapaan hormat Sri Sultan Hamengku Buwono X),” demikian jelasnya.

Menandai kunjungan silaturahmi ini adalah kendaraan yang digunakan digunakan Pak Presiden. Yaitu Toyota Alphard dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau nomor polisi AB 1224 ZA.

New Toyota Alphard lalu Toyota Kijang Innova yang mana mengusung batik tema "Amarga Branandaru" dari Batik Iwan Tirta [Auto2000].
New Toyota Alphard dan juga Toyota Kijang Innova yang digunakan mengusung batik tema “Amarga Branandaru” dari Batik Iwan Tirta [Auto2000].

Dengan kata lain, Presiden bukan menggunakan mobil kenegaraan Mercedes-Benz S600 Guard pelat nomor “RI 1” atau “INDONESIA 1” dengan bendera Merah Putih.

Dikutip dari berbagai sumber, selain Mercedes-Benz S600 Guard, beberapa mobil Kepresidenan RI antara lain meliputi BMW 760Li Security, BMW X5 Security, juga Volkswagen Caravelle kemudian Toyota Alphard.

Khusus perjalanan luar kota, pilihan jatuh untuk mobil kategori Sport Utility Vehicle (SUV) dibandingkan menggunakan jenis sedan. Antara lain Volkswagen Caravelle atau Toyota Land Cruiser.

Sementara untuk perjalanan ke Yogyakarta akhir pekan lalu, yang digunakan digunakan adalah Toyota Alphard cat hitam.

Disimak dari luar, Presiden duduk dalam baris kedua, juga terdapat window curtain alias korden jendela warna salem.

Belum diketahui apakah interiornya adalah standar premium Toyota Alphard atau edisi khusus bernuansa batik, yang bisa saja selaras dengan kesempatan kunjungan ini.

Lepas dari interior New Toyota Alphard yang dimaksud digunakan Pak Presiden, pada 2022 Auto2000 lalu maestro batik Iwan Tirta mengadakan kolaborasi di Hari Ulang Tahun atau HUT Astra ke-65.  Yaitu merupakan interior limited edition untuk New Toyota Alphard dengan batik bertema “Amarga Branandaru” dari Batik Iwan Tirta.

Mobil Presiden RI 1
Mobil Presiden RI 1 [Suara.com].

Amarga Branandaru miliki arti harta yang digunakan sangat berharga atau warisan alias legacy. Desainnya adalah batik motif Kukilo Sapanti. Dalam bahasa Jawa, “kukilo” berarti burung serta “sapanti” berarti sepasang.

Batik motif ini melapisi seluruh jok, head rest cover, juga cushion. Sedangkan tumbler juga dicetak pola senada.

“Interior ini menunjukkan perhatian Auto2000, member of Astra, pada melestarikan batik sebagai warisan budaya bangsa yang tersebut adiluhung juga mendunia,” ungkap Martogi Siahaan, Chief Executive Auto2000 pada launching interior batik Toyota Alphard, Kamis (7/7/2022).

Saat itu, down payment untuk New Toyota Alphard bersatu aksesoris Heritage Edition dibanderol Mata Uang Rupiah 100 juta.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button