Otomotif

Pertolongan Pertama Motor Kebanjiran, Jangan Lakukan Hal ini

Kertasleces.co.id – Beberapa hari terakhir, hujan turun nonstop di dalam berbagai area di area Indonesia. Sepeda motor yang digeber sendiri, atau pun sesama pengguna kendaraan lainnya dapat semata mengalami kendala. Apalagi bila menerabas banjir dan juga secara tiba-tiba terjadi kondisi mesin batuk atau mati.

Apa pun pertolongan pertama yang mana akan dilaksanakan untuk mengatasi motor banjir alias kendaraan beroda dua motor kena banjir, kebanjiran, atau menerabas air, jangan coba distarter terlebih dahulu. Dikhawatirkan langkah ini malah bikin celaka.

Ilustrasi bengkel motor. (Pexels/Peggy_Marco)
Aneka perkakas temasuk tool-kit kendaraan beroda dua motor. Sebagai ilustrasi [Pixaby/Peggy Marco]

Dikutip dari beberapa sumber termasuk main dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan – Bengkulu), cara memberikan pertolongan pertama untuk kendaraan beroda dua motor yang mogok tersendat kemudian mati, mau pun tiada sanggup diajak jalan lagi pasca kena genangan air:

Bawa kendaraan roda dua ke lokasi lebih tinggi tinggi juga kering dari genangan

  • Tunggu hingga kendaraan beroda dua motor bukan basah, baru lakukan pengecekan tanpa menghidupkan kendaraan beroda dua motor dengan mengandalkan electric starter atau kick starter (engkol) sejenis sekali.
  • Dikhawatirkan kondisi yang tersebut dialami adalah water hammer pada mana air masuk ke ruang bakar melalui lubang udara atau knalpot, serta menyebabkan piston pecah atau setang piston bengkok.

Lepas bagian yang digunakan dilalui air, seperti saringan udara, knalpot juga busi

  • Untuk melakukan hal ini perlu tool kit.
  • Pakai obeng untuk membuka cover filter udara, keringkan area kotak filter udara juga filter udaranya. Tujuannya agar udara yang tersebut masuk bebas dari air.
  • Gunakan kunci T atau kunci pas untuk melepas leher knalpot, balikkan knalpot agar air yang dimaksud masuk mampu ke luar.
  • Pakai kunci busi untuk membuka busi, kemudian bersihkan busi juga rumah busi pakai lap kering
  • Bersihkan sisa-sisa air yang digunakan pada ruang bakar dengan cara menstarter mesin agar piston bergerak kemudian mengupayakan sisa air mengundurkan diri dari dengan kondisi busi lalu knalpot yang mana belum dipasang.
  • Bila dirasa seluruh komponen tadi sudah ada kering, baru pasang atau rangkai kembali seluruh part. Kemudian coba distarter lagi.

Cek kemampuan fisik motor ke bengkel resmi

  • Setelah pertolongan pertama rampung dikerjakan, selanjutnya mendatangi bengkel resmi atau authorized untuk mengamati kondisi pelumas atau oli mesin terkini.
  • Bila oli berwarna putih atau cokelat mirip susu atau kopi susu, pertanda mesti diganti dikarenakan telah dilakukan tercampur air banjir.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button