Nasional

PKS Dukung Menlu Retno Walk Out Saat Pidato Dubes tanah Israel Di Sidang PBB: Wajib Di Boikot!

Kertasleces.co.id – Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini menggalang langkah Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang mana memilih walk out atau meninggalkan ruangan ketika Sidang Dewan Security PBB di dalam New York ketika Dubes negeri Israel mendapat kesempatan bicara.

“Apresiasi Bu Menlu, walk out pada waktu Dubes negara Israel bicara untuk menunjukkan sikap Indonesia melawan kebiadaban negeri Israel yang tersebut tak kunjung menghentikan agresinya di dalam Wilayah Gaza Palestina,” kata Jazuli di keterangannya di dalam Jakarta, Hari Sabtu (27/1/2024).

Dia menilai sikap Menlu Retno yang disebutkan juga untuk melawan pernyataan Awal Menteri (PM) negara Israel Benjamin Netanyahu yang tidak ada akan membiarkan negara Palestina berdiri

Menurut dia, sikap itu sekaligus untuk menunjukkan wibawa kemanusiaan dunia yang dimaksud diinjak-injak oleh zionis tanah Israel sehingga negeri Israel tiada layak duduk dan juga berdiri sejajar dengan negara-negara beradab di area dunia.

“Untuk itu, Fraksi PKS turut menyerukan agar negara Israel diboikot dari berbagai forum internasional sebab kebiadaban juga penjajahannya berhadapan dengan bangsa Palestina. negara Israel juga terbukti bukan mematuhi berbagai aturan kemudian hukum internasional,” ujarnya.

Jazuli menilai telah saatnya negara-negara beradab serta miliki perikemanusiaan menghasilkan demarkasi yang mana jelas dengan penjajah Israel.

Langkah tersebut, menurut Wakil Presiden Pertemuan Anggota Parlemen Muslim Bumi (IIFP) itu, termasuk bersikap tegas terhadap negara-negara yang memperkuat penjajahan Israel.

“Harus ada langkah kolektif dari negara-negara di tempat dunia untuk bertindak tegas melawan tragedi kemanusiaan yang dimaksud menimpa rakyat Palestina dengan memboikot dan juga memaksa negara Israel menghentikan agresinya pada Tanah Palestina,” katanya.

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi melakukan walk out atau mengundurkan diri dari dari ruangan ketika Duta Besar negara Israel untuk PBB Gilad Erdan berbicara di debat terbuka DK PBB terkait Palestina.

“Menlu Retno serta ketua delegasi beberapa negara lainnya mengundurkan diri dari ruangan pada waktu watap (wakil tetap) tanah Israel menyampaikan pernyataannya,” ujar Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Lalu Muhamad Iqbal melalui instruksi singkat pada Kamis (25/1).

Menurut dia, aksi walk out itu dilaksanakan Menlu Retno sebab Dubes negara Israel juga tidak ada berada di tempat ruangan pada waktu delegasi Indonesia lalu sebagian negara Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) menyampaikan pernyataan pada konferensi yang dimaksud berlangsung pada New York, AS, pada Selasa (23/1).

“Sebaliknya, delegasi Indonesia kemudian banyak negara OKI juga tidak ada berada di area ruangan ketika watap tanah Israel menyampaikan pernyataan,” tutur Iqbal.

Dalam rapat itu, Retno menyampaikan penolakan keras Indonesia terhadap pernyataan Pertama Menteri negara Israel Benjamin Netanyahu yang digunakan menentang pembentukan negara Palestina, pasca konflik berakhir nantinya. (Sumber: Antara)

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button