Bisnis

PLN Diminta Terus Lakukan Inovasi lalu Digitalisasi Layanan Pelanggan

Kertasleces.co.id – Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria memohonkan PT PLN (Persero) terus melakukan perubahan terhadap pelayanan pelanggan. Sehingga, memudahan pelanggan untuk menjangkau pelayanan listrik di dalam rumah masing-masing.

Sofyano menilai, kekinian perubahan PLN sangat terasa bagi pelanggan, khususnya pada sisi pembaharuan digital melalui aplikasi mobile PLN Mobile.

“Banyak perubahan struktural serta perubahan digital yang tersebut sudah ada diadakan PLN dengan predikat sangat bagus. Dan dampaknya bagus bagi industri lalu pelanggan yang dimaksud ada di dalam seluruh Indonesia. Saya kemudian beberapa kolega saya merasakan betul itu,” ucapannya yang digunakan dikutip, Hari Sabtu (27/1/2024).

Menurut Sofyano, sebenarnya pengembangan pelayanan PLN sudah ada dinilai bermanfaat bagi pelanggan. Hal ini terbukti pada mana PLN berhasil meraih 779 penghargaan di berbagai kategori, baik dalam tingkat nasional hingga internasional sepanjang tahun 2023.

Baca Juga: Indonesia Duduki Peringkat 45 WDCR, Naik Enam TIngkat Dibanding Sebelumnya

“Saya dengar PLN dapat hampir 800 penghargaan pada 2023 kemarin dan juga itu sangat layak mengingat metamorfosis yang terus dilakukan,” beber dia.

Tidak cuma dari sisi pelayanan pelanggan, Sofyano juga mengakui peranan PLN yang tersebut menjalankan proses bidang usaha dengan tetap saja mengutamakan kelestarian lingkungan. Diketahui, PLN peroleh 20 penghargaan Rencana Penilaian Prestasi Organisasi (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup lalu Kehutanan (KLHK).

“Raihan proper emas dari tahun ke tahun yang mana jumlahnya terus meningkat membuktikan bahwa PLN sudah ada mengatur perusahaan secara pruden dan juga ramah lingkungan secara menyeluruh kemudian kontinyu,” imbuh dia.

Selanjutnya, penghargaan tiada hanya sekali diraih pada skala nasional. Sofyano mengatakan, penghargaan yang mana diperoleh PLN juga berasal dari skala internasional pada 2023. Antara lain, PLN meraih dua penghargaan pada kompetisi Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review pada bulan Oktober.

Kemudian Contact Center PLN 123 juga berhasil menghadirkan pulang 8 penghargaan pada kompetisi Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di area bulan Agustus. Berkat tranformasi dari sisi human capital, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 dalam bulan Oktober.

Sofyano menambahkan, PLN memang benar sudah ada mempunyai budaya kerja yang tersebut kuat. Dengan demikian, sangat mudah bagi PLN untuk melakukan perubahan kemudian inovasi. “Terlebih ketika ini, PLN dipimpin oleh Darmawan Prasodjo,” pungkas dia.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button