Bisnis

PLN Diminta Terus Lakukan Inovasi dan juga Digitalisasi Layanan Pelanggan

Kertasleces.co.id – Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (PUSKEPI), Sofyano Zakaria memohon PT PLN (Persero) terus melakukan pembaharuan terhadap pelayanan pelanggan. Sehingga, memudahan pelanggan untuk menjangkau pelayanan listrik dalam rumah masing-masing.

Sofyano menilai, kekinian perubahan struktural PLN sangat terasa bagi pelanggan, khususnya pada sisi perubahan digital melalui perangkat lunak PLN Mobile.

“Banyak metamorfosis kemudian pembaharuan digital yang digunakan sudah ada dilaksanakan PLN dengan predikat sangat bagus. Dan dampaknya bagus bagi industri serta pelanggan yang ada di area seluruh Indonesia. Saya dan juga beberapa kolega saya merasakan betul itu,” ucapannya yang dimaksud dikutip, Hari Sabtu (27/1/2024).

Menurut Sofyano, sebenarnya perubahan pelayanan PLN sudah ada dinilai bermanfaat bagi pelanggan. Hal ini terbukti pada mana PLN berhasil meraih 779 penghargaan di berbagai kategori, baik dalam tingkat nasional hingga internasional sepanjang tahun 2023.

Baca Juga: Indonesia Duduki Peringkat 45 WDCR, Naik Enam TIngkat Dibanding Sebelumnya

“Saya dengar PLN dapat hampir 800 penghargaan pada 2023 kemarin kemudian itu sangat layak mengingat perubahan struktural yang digunakan terus dilakukan,” beber dia.

Tidak hanya saja dari sisi pelayanan pelanggan, Sofyano juga mengakui peranan PLN yang digunakan menjalankan proses industri dengan masih mengutamakan kelestarian lingkungan. Diketahui, PLN peroleh 20 penghargaan Rencana Penilaian Kemampuan Korporasi (PROPER) Emas Tahun 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan (KLHK).

“Raihan proper emas dari tahun ke tahun yang digunakan jumlahnya terus meningkat membuktikan bahwa PLN telah menjalankan perusahaan secara pruden dan juga ramah lingkungan secara menyeluruh lalu kontinyu,” imbuh dia.

Selanjutnya, penghargaan tak belaka diraih pada skala nasional. Sofyano mengatakan, penghargaan yang mana diperoleh PLN juga berasal dari skala internasional pada 2023. Antara lain, PLN meraih dua penghargaan pada turnamen Asian Experience Awards 2023 dari The Asian Business Review di tempat bulan Oktober.

Kemudian Contact Center PLN 123 juga berhasil menghadirkan pulang 8 penghargaan pada kompetisi Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2023 di dalam bulan Agustus. Berkat tranformasi dari sisi human capital, PLN juga meraih kategori Contribution to Organization dari The Asia HRD Awards 2023 di dalam bulan Oktober.

Sofyano menambahkan, PLN memang sebenarnya sudah ada miliki budaya kerja yang tersebut kuat. Dengan demikian, sangat mudah bagi PLN untuk melakukan perubahan struktural lalu inovasi. “Terlebih ketika ini, PLN dipimpin oleh Darmawan Prasodjo,” pungkas dia.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button