Kesehatan

Polo Srimulat Masih Merokok Meski Sudah Sakit Paru-Paru, Ini adalah Bahayanya

Kertasleces.co.id – Polo Srimulat meninggal dunia akibat mengidap penyakit paru-paru. Personil Srimukat, Tessy mengungkapkan kalau pelawak senior itu memang benar sudah ada lama sakit. Tessy juga mengenang momen terakhir rapat dengan Polo yang dimaksud terjadi tahun lalu.

Meski sakit, kala itu Polo tetap memperlihatkan syuting bersatu Tessy. Meski salut dengan etos kerjanya, Tessy masih memarahi Polo lantaran tak tega mengawasi sahabatnya bekerja sambil mengakibatkan tabung oksigen. Ditambah lagi, Tessy sempat memergoki Polo masih merokok pasca merasa sembuh dari sakitnya. 

“Paru-parunya itu telah dilubangi kanan kiri, tapi setelahnya sehat kembali, ya itu, telah dilarang ngerokok, beliau tetap saja balik lagi,” kata Tessy di dalam rumah duka Polo Srimulat di tempat kawasan Margamulya, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (6/3/2024).

Polo Srimulat (YouTube.com)
Polo Srimulat (YouTube.com)

Padahal, terakhir kali pertemuannya dengan Polo pada Maret tahun lalu, Tessy meninjau kakau sahabatnya itu telah terjadi sakit parah. Kabar berpulangnya Polo Srimulat pertama beredar di tempat kalangan pewarta lewat arahan berantai. Polo disebut meninggal dunia di area RS Anna Medika, Bekasi pada pukul 12.10 WIB.

Bahaya Rokok Bagi Paru-Paru

Merokok dikenal sebagai faktor utama dari berbagai penyakit paru-paru dan juga kesulitan kondisi tubuh lainnya. Dikutip dari situs Kementerian Kesehatan, rokok berisi ribuan zat kimia berbahaya yang digunakan beberapa di tempat antaranya dapat memicu kanker. Zat-zat yang dimaksud masuk ke paru-paru lewat asap yang tersebut dihirup. Kemudian merusak jaringan paru-paru juga organ lain di tubuh.

Merokok bisa saja menyebabkan berbagai permasalahan paru-paru yang serius, seperti:

1. Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) 

Ini adalah sekelompok penyakit paru-paru yang mana dapat memproduksi kita sulit bernapas. PPOK biasanya terjadi pasca bertahun-tahun merokok.

2. Kanker Paru-paru

Merokok juga jadi faktor utama neoplasma paru-paru. Lebih dari 80 persen perkara tumor ganas paru-paru disebabkan oleh merokok.

3. Pneumonia

Merokok dapat menyebabkan tubuh jadi lebih lanjut rentan terhadap infeksi, termasuk pneumonia atau radang paru. Penyakit ini dapat menjadi kritis juga bahkan mematikan bagi perokok.  
 

Related Articles

Back to top button