Bisnis

PPN Naik Jadi 12 Persen, Kapan Mulai Diberlakukan?

Kertasleces.co.id – otoritas kabarnya segera meninggal pajak pertambahan nilai (PPN) menjadi 12 persen pada tahun 2025 nanti. Hal ini terungkap usai Kementerian Koordinator Sektor Perekonomian menjelaskan rencana kebijakan pemerintah ke depan.

Termasuk, acara era Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang dilanjutkan presiden terpilih selanjutnya. Merujuk padaPasal 7 ayat 1 Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP), tarif PPN yang sebelumnya sebesar 10 persen diubah menjadi 11 persen mulai berlaku pada 1 April 2022.  PPN kemudian kembali naik jadi 12 persen pada 1 Januari 2025 atau lebih tinggi cepat. 

Menurut Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, tindakan ini merupakan respons menghadapi pilihan warga yang mengupayakan inisiatif keberlanjutan dari Presiden Jokowi. Airlangga menyatakan hal ini di sebuah acara media briefing pada Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Hari Jumat (8/3/2024).

Ketum Golkar Airlangga Hartarto. (Suara.com/Novian)
Airlangga Hartarto. (Suara.com/Novian)

Ia menegaskan, pemerintah mempunyai kewenangan untuk mengubah tarif PPN menjadi paling rendah 5 persen kemudian maksimal 15 persen. Hal itu mampu dijalankan melalui penerbitan peraturan pemerintah setelahnya dilaksanakan pembahasan dengan DPR, sebagaimana ketentuan Pasal 7 ayat 3 UU PPN.

Meski demikian, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF), Febrio Kacaribu sebelumnya juga menyatakan bahwa pada waktu ini bukanlah waktu yang tepat untuk meninggal tarif PPN menjadi 12 persen dengan alasan kondisi ekonomi yang tersebut makin tak pasti.

Related Articles

Back to top button