Nasional

Pratikno Pastikan hingga Hari Jumat Siang Belum Terima Surat Pengunduran Diri Mahfud Md Sebagai Menkopolhukam

Kertasleces.co.id – Menteri Sekretaris Negara Pratikno menyatakan hingga pada waktu ini pihaknya belum menerima surat permohonan pengunduran diri Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, serta Ketenteraman (Menkopolhukam) Mahfud MD.

“Sampai pada waktu ini (Jumat siang), kami belum menerima surat pengunduran diri Prof. Mahfud Md sebagai Menkopolhukam,” kata Pratikno seperti diberitakan Antara, hari terakhir pekan (26/1/2024).

Pernyataan Pratikno sekaligus menanggapi pernyataan isu Mahfud Md yang dimaksud akan menyerahkan surat pengunduran diri pada hari terakhir pekan siang ini.

Mahfud merupakan Cawapres nomor urut 3 yang dimaksud berpasangan dengan Ganjar Pranowo.

Dalam acara diskusi dalam Semarang, Selasa (23/1), Mahfud menyatakan mengantisipasi kesempatan untuk mengundurkan diri dari kedudukan menteri.

Diketahui, Presiden Jokowi sejak pagi berada di area Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, menerima kunjungan Awal Menteri Timor Leste Xanana Gusmao.

Sebelumnya Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto mengatakan, Mahfud MD belum mengundurkan diri pada Kamis (25/1) akibat ada hal strategis yang mana perlu dilaksanakan sebelum meninggalkan jabatannya.

“Ada hal-hal pada Kemenko Polhukam yang dimaksud sifatnya strategis, nanti diceritakan sendiri oleh Pak Mahfud, yang mana menghasilkan Pak Mahfud harus masih mengawal itu,” ujar Andi di area Industri Media Centre TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, DKI Jakarta Pusat, Kamis (25/1/2024).

Ia mengemukakan hal strategis yang dimaksud sedang dikawal Mahfud MD di posisinya ketika ini.

“Terutama ada dua hal strategis yang digunakan Pak Mahfud kawal, sehingga Pak Mahfud memutuskan belum mundur,” jelasnya menambahkan.

Mahfud juga disebut Andi ingin melakukan transisi kepemimpinan agar nantinya Menteri baru sanggup segera bekerja dengan baik.

“Pak Mahfud sudah ada berbicara dengan Mas Ganjar di dalam pagi hari pada hari debat empat kemudian di tempat situ sudah ada disepakati Pak Mahfud pasti mundur,” tuturnya.

Setelah menyelesaikan hal strategis dan juga transisi itu, Mahfud disebutnya akan mengajukan pengunduran diri ke Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

“Tinggal sekarang bagaimana menyiapkan transisi di tempat Kemenko Polhukam, lalu kemudian menyampaikannya ke Bapak Presiden dengan ketatanegaraan serta tata krama yang digunakan sepantasnya,” katanya.

(Sumber: Suara.com)

Related Articles

Back to top button